Blacklist Hotel Bulan Ini

Danau Dariza Resort, dari sisi pelayanan, kebersihan serta keprofesionalan mendapatkan Complain yang paling tinggi untuk wilayah Cipanas dan sekitarnya untuk kelas Hotel Berbintang. Sebelum ada perubahan yang signifikan dari pihak manajemen. Team HDG tetap akan memberi title Blacklist sesuai dengan feedback dari para Wisatawan yang masuk ke Garut.
KAMI AKAN BERIKAN BUKTI BUKAN TESTIMONI!

Hampir di Semua Weekend Jum'at dan Sabtu s/d Akhir Februari 2015 Penginapan di Darajat Pass Garut sudah FULL BOOKING! Sinar Alam Darajat masih tersisa di beberapa Weekend untuk Desember 2014.


Untuk Paket Wisata Garut : Itinerary & Detail Info Kami Sampaikan setelah Deal Harga dan ada Deposit!

Cara Reservasi Hotel di Garut

DEMI KEPUASAN CALON WISATAWAN KAMI TIDAK MENERIMA BOOKING DAN RESERVASI DADAKAN PADA H-1 & HARI H ! TELEPON JAM 08.00 s/d 17.00 WIB dari SENIN s/d SABTU

AGAR PARA TAMU BISA MENENTUKAN PILIHAN MENGINAP SETELAH MENDAPAT INFORMASI LENGKAP DAN DETAIL.




Tuesday, 26 February 2013

Curug Orok, Air Terjun di Cikajang

Cukup banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi di Kota Garut, salah satunya adalah Curug Orok yang berada di Cikajang. Anda yang sedang berwisata ke Kabupaten Garut bisa sekalian jalan-jalan ke Batu Tumpang Cikajang.

Sayangnya mayoritas tempat Wisata di Garut kurang tersentuh pembangunan baik kelengkapan akomodasi dan transfortasinya. Sehingga mayoritas yang mau datang dan berkunjung ke tempat-tempat seperti ini adalah para turis Asing yang memang berniat mencari tempat-tempat yang betul-betul alami dan tidak begitu banyak sentuhan pembangunan yang berlebihan.




Mungkin Curug Orok Cikajang Garut ini lebih dikenal oleh masyarakat dibanding Curug Cibuni Racun, Curug Orok memiliki ketinggian sekitar 45 m dan berada di ketinggian 250 meter di atas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan berbukit karena letaknya di kaki gunung Papandayan.

Curug ini terdiri dari dua buah curug yaitu curug besar yang mana aliran airnya jatuh langsung dari atas tebing yang berasal dari aliran sungai di atasnya. Limpahan curahan air ini membentuk kolam air dibawahnya. 

Kolam ini cukup besar dan tidak terlalu dalam sehingga dapat digunakan untuk sekedar mandi ataupun berendam.  Sedangkan curug yang kecil terdiri dari beberapa kucuran air yang keluar dari rembesan dinding tebingnya.

Tak jauh dari curug ini sekitar 500 m juga terdapat curug lain yang bernama Curug Kembar.  Curug ini masih satu aliran air dengan Curug Orok.

Legenda

Sebelum bernama  Curug Orok, curug ini bernama Curug Sanghyang Prabu Gebur. Nama Curug Orok konon berasal dari cerita masyarakat setempat tentang seorang wanita yang pernah membuang bayi hasil hubungan gelap di curug tersebut pada tahun 1968.

Lokasi

Terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Peta dan Koordinat GPS: 7° 23' 16.81" S  107° 44' 6.08" E

Aksesbilitas

Berejarak sekitar 9 km dari ibukota Kecamatan Cikajang, sedangkan dari ibukota Kabupaten Garut sekitar 31 Km. Dapat dicapai dengan kendaraan roda dua atau empat dengan kondisi jalan aspal cukup baik.  Waktu tempuh menuju lokasi ini sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Garut.

Bila menggunakan kendaraan pribadi dari kota Garut perjalanan di arahkan ke kecamatan Cikajang.  Sesampainya di kecamatan ini akan ditemui pertigaan yang dikenal dengan nama pertigaan Papanggungan.  Ambil belokan ke kanan ke arah Curug Orok, selanjutnya ikuti jalan tersebut hingga tiba di jalan masuk ke lokasi wisata yang ditandai dengan adanya plang di sebelah kiri jalan “Wana Wisata dan Bumi Perkemahan Angling Darma: Curug Orok, Ci Kahuripan, Curug Kembar”.

Setibanya di gerbang pintu masuk tersebut, perjalanan diteruskan ke pelataran parkir yang berjarak sekitar 500 m dengan konsisi jalan tanah yang sudah dikeraskan.  Sebelum tiba di area parkir akan ditemui pos jaga sekaligus loket tiket masuk.  Setiba di area parkir kendaraan perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menuruni jalan setapak yang sudah dibuatkan undakan (sebagian sudah dibuatkan dari semen) sejauh sekitar 200 m menuju lokasi curug berada,  Jalan setapak ini cukup curam dan licin bila hujan.

Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari terminal Guntur di pusat kota Garut naik angkot jurusan Garut - Cikajang.  Turun di pertigaan Papanggungan.  Dari pertigaan ini ganti naik angkot biru kuning dengan jurusan Curug Orok.  Ongkos angkot Garut - Cikajang adalah Rp 5000 sedangkan Papanggungan - Curug Orok adalah Rp. 3000.  Setiba di depan gapura masuk kawasan wisata Curug Orok perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki hingga tiba di lokasi.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 10000 per orang.  Bagi yang memabawa kendaraan dikenakan karcis tanda masuk kendaraan untuk roda dua sebesar Rp 1000 dan Rp 3000 untuk kendaraan roda empat.

Akomodasi

Didekat curug ini tersedia dua buah toilet yang sekaligus berfungsi sebagai tempat bilas.  Sayangnya kondisinya kurang baik bahkan mengenaskan. Untuk memdapatkan toilet yang lebih baik tersedia di area dekat parkir.

Selain toilet yang lebih baik di area parkiran juga terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang, gazebo, area perkemahan, area permainan anak, penginapan, mushola, dan rumah makan.

Area perparkiran cukup luas menampung kendaraan baik roda dua maupun empat.  Kapasitas area ini sekitar 500 m2 dengan daya tampung 10 bus, 20 mobil dan 50 motor.





Hampir semua tempat wisata di kota Garut memang mempunyai cerita legenda dan sejarah yang berhubungan dengan asal muasal lokasi tersebut. Masih banyak tempat tujuan wisata yang akan dibahas oleh tim Hotel di Garut, sebagai referensi untuk para calon wisatawan yang ingin mengetahui seluk-beluk, situasi tempat, harga tiket dan preformance setiap objek wisata yang akan dikunjungi.

Anda butuh waktu beberapa hari untuk benar-benar puas berkeliling di semua Objek Wisata di kota Garut. Terlalu banyak pilihan dengan jarak tempuh yang cukup lumayan beserta segala kelebihan dan kekurangannya. 

Air Terjun / Curug Orok Garut Video

 
Reaksi:

2 komentar:

  1. Pemandangan alam di Curug Orok sangatindah karena berada di sekitar hamparan kebun teh Papandayan.

    Hawanya segar sekali, sejuk bahkan dingin jika malam tiba..
    Dan sekarang sudah ada penginapan di lokasi curug orok. Dari tahun ke tahun fasilitas dan akomodasi di sana semakin baik...

    ReplyDelete
  2. lokasi curug orok itu mungkin 1.250mdpl ya bukan 250mdpl
    karena cikajang sendiri berada di atas 1.000mdpl

    ReplyDelete

Who Behind on www.hoteldigarut.net

Hotel di Garut Informasi yang jujur dan objektif membahas tuntas kelebihan serta kekurangan dari setiap penginapan dan Hotel di Garut serta Villa, Resort & Rumah Sewa maupun Home Stay yang berada di Kota Garut. Kami bukan hanya memberikan informasi dan menyediakan jasa reservasi dengan harga terbaik, akan tetapi kami memposisikan diri sebagai sahabat, sobat dan sedulur para calon pelancong... Anda dapat menemukan Hotel di Garut pada Twitter, Facebook dan Google+. Anda juga dapat Menghubunginya di hoteldigarut2@gmail.com