.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

Tuesday, 12 March 2013

Arung Jeram / Rafting Sungai Cikandang

Anda Hobi Arung Jeram ? Sering Rafting di berbagai Tempat ? Jika anda seorang 'petarung Jeram' berpengalaman, belum layak menyandang gelar 'Tukang Arung Jeram' jika belum mencoba Rafting dan jibaku di Jeram Sungai Cikandang Garut.

Bagi kita yang suka dengan tantangan yang sangan ekstrim dengan kegiatan arum jeram / Rafting, bisa anda nikmati di Kabupaten Garut. Salah satu tempat wisata yang ada di wilayah kabupaten Garut untuk arum jeram, selain sungai Cimanuk yang ada di lokasi kota Garut, ada juga sungai cikandang yang bisa dinikmati dan dicoba tantangan anda untuk melakukan kegiatan yang meningkatkan Adrenalin ini yaitu menelusuri sungai cikandang dengan arum jeram.

Sungai Cikandang ini yang sering di gunakan untuk melakukan arum jeram adalah dari wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut. Tempat objek wisata arum jeram ini terletak 400 Meter di atas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan bergunung, berbukit dan berlembah. 

Wisata Alam Pantai Selatan memang menyimpan banyak tempat-tempat yang menarik, sehingga tim Hotel di Garut layak untuk merekomendasikannya sebagai salah satu Lokasi yang dikunjungi serta dicoba. Walaupun memang tempat ini lebih cocok bagi Pecinta Alam dan Backpacker yang sudah berpengalaman dan terlatih dengan Olahraga Rafting.




Panjang sungai Cikandang yang suka digunakan untuk arum jeram sepanjang 28 Km dengan lebar 5 sampai 8 meter. Kualitas lingkungan sepanjang Sungai cikandang sangat tergolong bersih  dan sangat terjaga kualitasnya, karena sungai cikandang ini masih alami tidak terdapat limbah pabrik yang masuk ke aliran sungai tersebut.

Temperatur di area Sungai Cikandang ini rata-rata berkisar antara 30-40 C dengan dengan penyinaran matahari yang begitu terik jadi terasa panas, sungai cikandang ini bila masuk musim hujan air bisa sangat derassehingga sangat baik untuk melakukan wisata arum jeram, sedangkan kalau melakukan kegiatan wisata arum jeram di musim kemarau air menjadi surut sehingga kegiatan arum jeram agak sulit di lakukan.



Tiupan angin di area arum jeram sungai cikandang ini tidak terlalu besar. Perairan di sungai cikandang berwarna kecoklatan dengan bau dan temperatur air normal. Rata-rata ketinggian air di sungai cikandang satu sampai dengan tiga meter, sehingga merupakan tantangan yang sangat menantang untuk melakukan kegiatan arum jeram.

Material dasar di sungai cikandang ini berupa pasir, bebatuan dan lumpur, dengan tingkat kemiringan dasar sungai yang variatif, dari landai ke curam. serta jenis ground cover berupa tanah liat dan bebatuan. Sayangnya terdapat vandalisme yang dilakukan pengunjung dengan mencoret batu-batu di Sungai Cikandang.

Flora tepi sungai yang dominan adalah pohon kelapa. kayu albasiah, bambu dan kayu hutan lainnya, sedangkan di sepanjang tepi sungai terdapat fauna seperti monyet dan beberapa jenis burung. Tingkat abrasi tergolong kecil namun pemah tejadi longsor di Desa Tegal Gede yang dilewati oleh sungai Cikandang. Tingkat visabilitas di kawasan ini bebas dikarenakan masih alami, dan tingkat kebisingan rendah.



Sungai berarus deras itu menjadi salah satu tempat latihan tetap Wanadri selain di Sungai Citarum. Kondisi sungai itu tak bisa dibilang normal. Arusnya makin deras tiap kali turun hujan. Resiko arung jeramnya tinggi. kita harus selalu berhati-hati karena di sana banyak tingkat bahayanya.

Rafting di Cikandang Garut bukan untuk kelas pemula, tapi profesional, untuk pemula lebih cocok melaksanakan Arung Jeram di Bumi Batara Adventure Camp Padarek Bayongbong yang juga merupakan salah satu lokasi Outbound Arung Jeram dan Paintball di Garut

Batas administrasi objek ini adalah sebagai berikut:
  • Utara : Kecamatan Pamulihan
  • Barat : Kecamatan Bungbulang
  • Timur : Cisompet dan Cikajang
  • Selatan : Samudera Indonesia
Fasilitas sumber listrik di kawasan ini berasal dari PLN dengan tegangan 220 Volt serta distribusi yang baik, air bersih di kawasan ini berasal dari sumur, mata air pegunungan serta sungai dengan kualitas air yang jernih, tawar dan tidak berbau serta tidak adanya kendala dalam pemanfaatannya. Bila anda ingin berwisata arum jeram ke sungai cikandang, tidak di pungut biaya.

Sejauh ini bila akan melakukan wisata arum jeram di sungai cikandnag, anda hanya perlu meminta izin ke Kecamatan Pakenjeng yang berada di Jalan Raya Pakenjeng-Bungbulang. Asal wisatawan yang sering melakukan arum jeram di sungai cikandang ini berasal dari Garut kota, Bandung, Jakarta, Bogor dan beberapa kota lainnya.

Akses legalitas dan kebijakan objek wisata ini masih dalam proses pengaturan di tingkat Pemda Kabupaten Garut. Sedangkan pengelolaan di lakukan oleh pemerintah daerah dan pihak swasta.
Description: Arung Jeram / Rafting Sungai Cikandang Rating: 5 Reviewer: Wisata Garut ItemReviewed: Arung Jeram / Rafting Sungai Cikandang


Reaksi:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Garut Updated at: Tuesday, March 12, 2013

0 komentar:

Post a Comment