.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

Monday, 11 March 2013

Talaga Bodas Wanaraja

Gunung Talaga Bodas, orang Garut sudah tak asing lagi bila mendengar nama talaga bodas. Talaga Bodas adalah salah satu kawasan wisata alam yang ada di Kabupaten Garut. Kolam Belerang Talaga bodas ini merupakan wisata alam berupa kawah yang membentuk sebuah danau denga air berwarna putih.











Pengalaman Adventure Camp ke Talaga Bodas Trip 25 - 26 Februari 2012
Sesuai dengan namanya, Bodas yang berarti putih merupakan sebuah objek wisata berbentuk kawah dengan telaga yang memiliki air berwarna putih kehijauan. Dari salah satu tepi telaga tersebut Anda bisa melihat kepulan asap membumbung tinggi yang berasal dari sumber air panas. Pada pagi hari, air danau ini akan nampak berwarna keperakan akibat pantulan cahaya sinar matahari.

Telaga Bodas terletak di Desa Sukamenak kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut - Jawa Barat.

Kawasan Kawah Talaga Bodas memiliki luas kawasan sebesar 23,85 ha. kawah Talaga Bodas berada di ketinggian 1512 m diatas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan berbukit dan kemiringan lahan yang curam.

Daerah Kawah Talaga Bodas memiliki temperatur rata-rata 24-26 derajat celsius per tahun, dengan curah hujan 1321 mm / tahun serta penyinaran matahari yang sedang.

Kami berencana camping di telaga Bodas karna memang belum tersedia penginapan dikawasan telaga, agar bisa menikmati suasana pagi dan sore.





Selama di sini kita bisa berjalan menyusuri tepi telaga melihat berbagai bebatuan yang berpadu dengan bongkol kayu nampak serasi dan indah untuk dilihat. Di beberapa tempat, sumber uap belerang dalam skala kecil muncul dari dalam tanah menimbulkan gelembung dan bunyi unik ketika bercampur dengan air. Sepanjang tepian telaga, banyak ditumbuhi pohon puspa yang tumbuh dengan subur.

Jalan menuju kesana sangat-sangat rusak parah, batu-batu dan bergelombang, temanku bilang seperti surfing ditengah gelombang besar.... kalau tidak berpegangan bisa mental dan terhantuk..... hehehe...

Dari terminal bus garut, kami menyewa truk yang biasa mengangkut pasir dengan biaya Rp 700.000 untuk 2 hari. perjalanan dengan truk menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam-an. Bisa dibayangkan gelombang yang kami hadapi dalam perjalanan kan..?! ;p

Tapi perjalanan yang berat itu terbayarkan dengan keindahan pesona telaga Bodas yang bisa diliat dipoto bawah ini. Masih sangat natural, belum ada pihak swasta yangg mengelola secara khusus.

Selain pemandangan indah Telaga Bodas juga tersedia 3 Onsen ala jepang yaitu tempat pemandian/kolam air hangat dengan dihiasi satu pancuran bambu bagi yang tidak ingin berendam. Setelah puas berendam di kolam hangat, lelah dan cape langsung sirna.... hehehe.... Telaga Bodas :Jernih dan alami.

Tidak jauh dari kolam pemandian, ada air terjun kecil untuk membilas. Airnya dingin segar.

Ada satu ganjalan dalam pemandangan indah, setumpuk celana dalam bagaikan tumpukan sampah, entah apa maksudnya: "setelah berendam lalu membuang/meninggalkan celana ke pinggir kolam pemandian". hmmm....

Yang tidak akan pernah kami lupakan pada Sabtu malam, saat camping di telaga Bodas, terjadi hujan deras dan angin badai pada malam saat itu, tenda kebanjiran dan petir narsis berlomba menunjukkan kegagahannya belum lagi angin kencang yang hampir merobohkan tenda....huuuffgh...syukurlah, semua tetap baik-baik saja.

Telaga Bodas: Indah, Natural dan Alami. Disarankan untuk kunjungan TIDAK saat musim hujan.



Area Taman Wisata Alam Talaga Bodas ini terletak di Desa Sukamenak, kecamatan Wanaraja Garut. Dan area ini sudah masuk ke wilayah perbatasan Garut- Tasikmalaya. Kawasan Wisata Talaga Bodas ini dikelola oleh BKSDA Jabar II dengan status kepemilikan lahan oleh departemen kehutanan. Kawasan ini memiliki luas sebesar 23,85 HA dan memiliki batas-batas administrasi kawasan sebagai berikut.

Utara        :  Desa Sukaurip

Barat        :  Desa Sindang Mekar

Selatan      :  Desa Tenjo Nagara

Timur        :  Desa Tenjo Nagara

Kawasan wisata alam ini berada di jarak 8 Km dari pusat kota kecamatan Wanaraja, bila di tempuh dari area kota garut sekitar 20 Km. Kawah talaga bodas ini berada di ketinggian 1512 M di atas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan berbukut dan kemiringan lahan yang curam.

Untuk stabilitas tanah dan daya serap air, kawasan wisata alam talaga bodas ini memiliki tingkat kesetabilan dan daya resap tanah yang sedang. Jenis material tanah yang berada di kawasan talaga bodas ini adalah tanah cadas dan bebatuan dengan jalur jalan setapak yang cukup sulit untuk dilewati dengan kendaraan.




Selain jalan setapak, eksesibilitas ke tempat ini juga terdapat jalur jalan raya yang memiliki kondisi cukup dengan kelas kecamatan yang mempunyai lebar jalan 6 meter dan jalan akses menuju kawah talaga bodas dengan luas jalan setengah meter sehingga susah untuk dilalui dengan kendaraan, maka dari itu kita harus menelusuri jalan setapak untuk mencapai ke pusat kawasan wisata alam talaga bodas.

Yang agak mengherankan jalan menuju Talaga Bodas dari arah Garut jauh lebih jelek dan tidak terawat dibanding yang masuk dari arah Tasilmalaya, mungkin Pemerintah Daerah Tasikmalaya lebih telaten dan bertanggung jawab serta perhatian kepada perkembangan Objek Wisata dibanding Kota Dodol Tercinta. 

Disekitar kawasan wisata alam talaga bodas ini, banyak sekali perkebunan sayuran milik warga sekitar,flora dominan kawasan sekitar Kawah Talaga Bodas berupa tanaman kebun seperti ; tomat, kol dan rumput ilalang.Kondisi lingkungan Kawah Talaga Bodas cukup baik dengan kebersihan dan bentang alam yang tergolong baik.

Kondisi lingkungan yang baik tersebut didukung dengan tidak terdapatnya pencemaran air, tanah, udara dan sampah, hanya saja masih terdapat vandalisme yang dilakukan oleh pengunjung di lokasi Kawah Talaga Bodas khususnya di shelter yang berada di dalam kawasan. Untuk sarana dan ketersediaan fasilitas pendukung pariwisata di kawasan ini, dapat dikatakan sangat minim.

Di dalam lokasi hanya terdapat 2 buah shelter dengan kondisi yang kurang layak dan satu buah pos masuk / pintu masuk dengan kondisi yang kurang memadai dan sudah tidak dioperasian lagi.

Untuk mencapai ke lokasi TWA Kawah Talaga Bodas dapat menggunakan alat transportasi yang melewati jalan akses berupa angkutan kota dengan trayek : Garut-Cibatu, Garut-Cikelet, Terminal Guntur-Sukawening, dan jalur Terminal Guntur-Perumnas Cempaka Indah.

Atau dapat juga mempergunakan alat transportasi tradisional berupa delman dan ojeg di ujung masuk jalan akses. Para pengunjung pada umumnya mencapai lokasi dengan membawa kendaraan roda dua (motor), dan mereka biasanya melakukan aktivitas wisata berupa tracking, hiking, fotografi, piknik, atau sekedar jalan-jalan dan refreshing saja. Pengunjung yang datang rata-rata berasal dari daerah tasikmalaya, Jakarta, Bandung dan sekitarnya.
Description: Talaga Bodas Wanaraja Rating: 5 Reviewer: Wisata Garut ItemReviewed: Talaga Bodas Wanaraja


Reaksi:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Garut Updated at: Monday, March 11, 2013

0 komentar:

Post a Comment