KAMI AKAN BERIKAN BUKTI BUKAN TESTIMONI!

Hampir di Semua Weekend s/d Awal Januari 2015 Penginapan di Darajat Pass Garut sudah FULL BOOKING! Sinar Alam Darajat masih tersisa di beberapa Weekend untuk Desember 2014.


Untuk Paket Wisata Garut : Itinerary & Detail Info Kami Sampaikan setelah Deal Harga dan ada Deposit!

Cara Reservasi Hotel di Garut

DEMI KEPUASAN CALON WISATAWAN KAMI TIDAK MENERIMA BOOKING DAN RESERVASI DADAKAN PADA H-1 & HARI H ! TELEPON JAM 08.00 s/d 17.00 WIB dari SENIN s/d SABTU

AGAR PARA TAMU BISA MENENTUKAN PILIHAN MENGINAP SETELAH MENDAPAT INFORMASI LENGKAP DAN DETAIL.




Thursday, 18 April 2013

Curug Cihanyawar Cilawu

Setelah sebelumnya kita review Objek Wisata Air Terjun di Garut diantaranya Curung Sanghyang Taraje, Curug Orok dan Curug Cibuni Racun, kali ini kami akan membahas salah satu Objek Wisata di daerah Cilawu Garut.

Curug Cihanyawar adalah salah satu curug yang berada di Kabupaten Garut, selain Curug Orok di Cikajang dan Curug citiis di Tarogong. Curug Cihanyawar berada di daerah Dayeuh Manggung  Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut.

Untuk menuju ke Curug Cihanyawar, dari pusat kota Garut naik kendaraan umum no. 06 jurusan Term. Garut-Cilawu. Curug ini berada di wilayah perbatasan antara wilayah PTPN VIII dan Desa Sukamurni. Air curug ini berasal dari sumber mata air Gunung Cipadaruun Cikuray.



Selain objek wisata Curug Cihanyawar, lokasi Cilawu juga memiliki beberapa akses wisata lainnya seperti: Kampung Naga yang berbatasan dengan Tasikmalaya, Perkemahan puncak Gunung Cikuray. Salah satu akses menuju puncak Gunung Cikuray adalah Curug Cihanyawar, karena di atas gunung (puncak gunung, penj) tidak terdapat sumber air, maka para pendaki gunung biasanya membawa keperluan air dari Curug Cihanyawar ini.

Cilawu atau akses menuju Cilawu ini merupakan salah satu tempat destinasi wisata Kabupaten Garut, sekaligus daerah ini adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya, sehingga jalan cilawu ini menjadi salah satu jalan alternatif menuju Tasikmalaya. Dengan akses yang sangat strategis Curug Cihanyawar diharapkan bisa menjadi salah satu tempat wisata Garut yang menjadi andalan.

Curug Cihanyawar berada dibawah pengelolaan PTP Nusantara VIII dan warga Desa Sukamurni. Walaupun lokasinya berada di perbatasan antara tanah milik PTP Nusantara VIII dan tanah milik masyarakat Desa Sukamurni, tetapi secara legal formal kepemilikannya berada pada tangan PTP Nusantara VIII Perkebunan Dayeuh Manggung, dan termasuk ke dalam blok perkebunan Cipang dengan luas keseluruhan 12,57 ha. Kondisi fisik secara umum berbukit-bukit dengan kemiringan lahan yang curam. lahan sekitar curug ini merupakan daerah pertanian dan perkebunan palawija masyarakat setempat.


 Air Terjun Cihanyawar Garut

Air terjun atau dalam Bahasa Sunda yaitu Curug Cihanyawar terletak di kaki gunung Cikuray. Lebih tepatnya lagi berada di kawasan perkebunan teh Dayeuh Manggung, Cilawu Garut. Curug yang banyak di kunjungi oleh kaum muda ini dipercayai jika kita mandi di curug ini maka akan cepat mendapat jodoh. Oleh karena itu curug ini banyak dikunjungi oleh kaum muda-mudi yang sekedar hanya ingin mandi, sambil berharap akan jodoh yang mereka inginkan.


Mitos ini tidak jelas keberadaannya, apakah sudah ada sejak dulu atau dibuat sekedar untuk menarik perhatian wisatawan saja. Bukan hanya karena mitos itu saja curug ini dikunjungi, tetapi karena panoramanya juga yang indah. Ditambah juga dengan kebun teh yang terhampar di kawasan curug ini. 

Flora dominan di kawasan ini adalah pohon pinus, lisamara, dan pohon kawung, sedangkan fauna didominasi oleh babi hutan, ular, musang, tupai dan berbagai jenis burung.
Curug Cihanyawar memiliki batas administrasi sebagai benkut:
  •      Utara     : Desa Sukamaju
  •      Selatan   : Desa Wangun Jaya
  •      Barat     : Desa Sindangsari
  •      Timur     : Kabupaten Tasikmalaya.
Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di air terjun Cihanyawar antara lain tracking, rekreasi/piknik, menikmati pemandangan dan fotografi

Di Curug Cihanyawar belum banyak dikernbangkan fasilitas pendukung kegiatan wisata, adapun fasilitas pendukung yang tersedia berupa 5 buah shelter yang terletak ? 50 m dari air terjun dan tempat ibadah berupa musholla dan masjid yang terletak di pemukiman penduduk. 

Di sekitar objek wisata ini belum tersedia fasilitas akomodasi dan makan minum, namun pengunjung dapat tinggal di Hotel Ngamplang yang terletak di Jalan Raya Tasikmalaya dengan jarak ? 2,5 km dari pusat Kecamatan Cilawu. Fasilitas rumah makan terdekat dari lokasi objek ini adalah Rumah Makan Megawati yang terletak di Jalan Raya Cigarangsang No. 42, Kecamatan Cilawu.

Untuk mencapai lokasi air terjun Cihanyawar dapat digunakan kendaraan pribadi atau angkutan kota rute terminal Guntur-Bojongloa.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Who Behind on www.hoteldigarut.net

Hotel di Garut Informasi yang jujur dan objektif membahas tuntas kelebihan serta kekurangan dari setiap penginapan dan Hotel di Garut serta Villa, Resort & Rumah Sewa maupun Home Stay yang berada di Kota Garut. Kami bukan hanya memberikan informasi dan menyediakan jasa reservasi dengan harga terbaik, akan tetapi kami memposisikan diri sebagai sahabat, sobat dan sedulur para calon pelancong... Anda dapat menemukan Hotel di Garut pada Twitter, Facebook dan Google+. Anda juga dapat Menghubunginya di hoteldigarut2@gmail.com