KAMI AKAN BERIKAN BUKTI BUKAN TESTIMONI! Bagi Rombongan yang Ingin Mendapatkan Harga Persahabatan dari HDG Team? Survei dan Ketemu Face to Face (Penawaran ini hanya untuk yang serius dan punya nyali ... peace)

Hampir di Semua Weekend Jum'at dan Sabtu s/d Akhir Februari 2015 Penginapan di Darajat Pass Garut sudah FULL BOOKING! Sinar Alam Darajat masih tersisa di beberapa Weekend untuk Januari 2015.


Untuk Paket Wisata Garut : Itinerary & Detail Info Kami Sampaikan setelah Deal Harga dan ada Deposit!

Cara Reservasi Hotel di Garut

DEMI KEPUASAN CALON WISATAWAN KAMI TIDAK MENERIMA BOOKING DAN RESERVASI DADAKAN PADA H-1 & HARI H ! TELEPON JAM 08.00 s/d 17.00 WIB dari SENIN s/d SABTU

AGAR PARA TAMU BISA MENENTUKAN PILIHAN MENGINAP SETELAH MENDAPAT INFORMASI LENGKAP DAN DETAIL.




Wednesday, 3 April 2013

Pantai Santolo Pameungpeuk

Kabupaten Garut tidak hanya terkenal dengan tempat wisata pemandian air panas atau cipanas saja. Tetapi terkenal juga dengan pantainya yang ada di Kabupaten Garut sebelah selatan. Garut Selatan ini terkenal dengan hamparan pantai-pantai eksotis yang masih perawan alias belum banyak dikunjungi oleh wisatawan luar. 

Ini karena sulit untuk dijangkau, Pantai-pantai itu masih tetap terjaga keasriannya. Setidaknya ada tujuh Wisata Pantai Garut Selatan, diantaranya yang sudah dikenal oleh masyarakat luas umumnya wisatawan yaitu pantai Rancabuaya, Santolo dan Sayangheulang serta Pantai Karang Paranje.






Jika melihat peta Kabupaten Garut, pantai-pantai itu membentang sangat panjang, sehingga dapat menikmati keindahannya, wisatawan setidaknya memerlukan waktu seharian untuk bisa menikmati beberapa pantai yang ada di Kabupaten Garut sebelah selatan ini.

Pantai Kuta di Bali memang sudah mendunia, turis pun selalu memadati kawasan tersebut. Tapi Garut, Jawa Barat juga punya pantai yang tak kalah indahnya, namanya Pantai Santolo. Lihatlah garis pantainya, mirip Pantai Kuta saat sepi.

Pantai Santolo berada di sebelah selatan Kota Garut, Jawa Barat. Dari kota yang terkenal dengan dombanya, Pantai Santolo bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan.






Berpasir putih, bersih, dan landai, pantai ini sekilas mirip dengan Pantai Kuta di Bali. Ombak selatan Jawa yang terkenal ganas juga bisa Anda dapatkan di sini. Jadi, tak perlu jauh-jauh ke Bali kan untuk bisa berlibur ke pantai cantik seperti Kuta.

Nah akan lebih baik jika melakukan touring untuk menjelajahi indahnya pantai Selatan Garut. Ada beberapa rute jalan yang dapat dipergunakan untuk menuju pantai-pantai tersebut. Dapat melintasi Kota Garut, melelalui Cianjur, atau dari Bandung melalui Pangalengan. 

Perjalanan dari Kota Garut banyak ditempuh oleh wisatawan yang berasal dari wilayah Tasik, bandung, jakarta dan kota lainnya. Untuk wisatawan dari Jakarta dapat memilih jalur Cianjur-Cidaun-Pantai Rancabuaya menuju pantai Santolo.

Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung ialah melewati Rancabali- Naringgul -Cidaun - Rancabuaya - Santolo. Wisatawan dari Bandung bisa melalui Jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan. Sepanjang perjalanan, wisatawan juga akan menikmati pemandangan pegunungan Garut nan hijau serta melintasi perkebunan teh. Pantai Rancabuaya lokasinya agak terpisah dari wisata pantai lain di Garut. 

Dari Kota Bandung jaraknya sekitar 160 kilometer, atau sekitar 100 kilometer dari ibu kota Garut. Air lautnya nampak membiru dari atas bukit. Pesisir pantainya yang landai nampak memutih karena pasirnya yang putih dan lembut. 

Sejumlah pohon kelapa dan katapang laut menjadi tempat peneduh bagi wisatawan yang menikmati keindahan pantai ini. Pantai Rancabuaya yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin ini cukup luas, sekitar 10 hektare.

Kawasan wisata ini sudah memiliki penunjang wisata seperti tempat makan, hingga penginapan / hotel kelas melati. Untuk menjangkau pantai ini selain menggunakan kendaraan pribadi, juga ada angkutan umum Garut-Rancabuaya yang hanya beroperasi pagi hari saja. 

Atau menggunakan angkutan desa yang disebut "paranggong". Setelah menikmati keindahan pantai dan ombak yang bersahabat di Rancabuaya, perjalanan touring bisa dilanjutkan menuju ke Pantai Santolo. Santolo merupakan pantai yang cukup populer. Dari Rancabuaya perjalanan ditempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Pantai Santolo jauh lebih ramai daripada Rancabuaya, karena selain sebagai lokasi wisata, di pantai ini juga menjadi dermaga bagi nelayan tradisional. Ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan setiap pagi dilelang di sini. Karena menjadi pelabuhan nelayan, maka di Santolo menjamur tempat makan seafood dengan harga murah meriah. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan di sepanjang Pantai Santolo.

Jembatan Tua di Pulau Santolo

Sudah pernah ke Pantai Santolo? Pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garut? Terletak di Kecamatan Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut. Perjalanan ke Pantai Santolo, Garut bisa ditempuh kurang lebih 150 km dari Kota Bandung.

Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum dengan menaiki mobil Elf jurusan Garut-Pameungpeuk seharga Rp. 20.000,- dan turun di Pasar Pameungpeuk. Lalu dilanjutkan dengan naik Pick Up menuju Pantai Shayangheula, yang tarifnya sekitar Rp. 5.000. Dari pantai, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu dengan tarif sekitar Rp. 5.000 untuk sampai ke Pantai Santolo.

Perjalanan menuju Pantai Santolo harus dilalui dengan ekstra hati-hati. Karena, perjalanannya berkelok-kelok, sempit, curam, serta melewati hutan, kebun teh, dan jurang.
Ada dua alternatif nih sebagai contoh, untuk menuju Pantai Santolo:

Rute Normal lewat Garut Kota – Cikajang – Cikelet dan Pameungpeuk, bisa ditempuh dengan menggunakan Kendaran umum dari terminal Cicaheul (pakai Bis) atau terminal Leuwipanjang dengan Kendaraan ELF (minibus), membayar Rp. 35.000,- dan 4 – 5 jam perjalanan teman-teman sudah sampai di Pameungpeuk (Pantai Santolo), sedangkan untuk menggunakan kendaraan Pribadi (Mobil) akan menghabiskan BBM (Bensin) sekitar Rp. 75.000,- sampai Rp 100.000,- saja, sedangkan pakai Motor (BBM Pertamax hanya habis Rp. 25.000,- sampai 30.000,- saja).

Menggunakan Rute Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemadangan disekitar lebih bagus, diperkirakan jarak tempuh kalau lewat rute ini sekitar 200 – 250 Km dan 7 Jam perjalanan.
Ada Apa Saja Di Pantai Santolo?

Pantai ini cukup dikenal di Garut dan merupakan daerah tujuan wisata. Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.

Pantai Santolo merupakan pantai yang masih relatif tidak terlalu ramai, kumpulan batu-batu besar, dan laut biru menjadi pemandangan yang indah. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang.

Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. Fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau. Bagi teman-teman yang ingin bermalam, di sekitar pantai tersedia banyak penginapan untuk bermalam. Harga sewanya pun terjangkau, sekitar Rp. 100.000,- hingga Rp. 200.000,- per hari. 

Pengalaman teman, ada penginapan rumah bambu yang letaknya di pinggir pantai. Harga non weekend Rp 75.000,- sedangkan harga weekend Rp 100.000,-. Tempatnya lumayan nyaman dengan kamar mandi dalam, lesehan menghadap pantai, dan tempat tidur berupa spring bed.
Bisa Makan Ikan Juga

Di pantai tersebut juga banyak yang menjual ikan laut dengan harga terjangkau. Harga ikan laut bervariasi, sekitar Rp. 20.000,- per ekor. Di sana teman-teman bisa langsung menyantap ikan tersebut atau membakarnya sendiri. 

Yang sedikit bermasalah di Pantai Santolo adalah tidak ada tempat makan yang murah. Ada baiknya teman-teman teliti harga dulu sebelum membeli jika tidak ingin ditembak harga. Di Pantai Santolo kepiting sangat jarang, kalaupun ada harganya mahal dan terkadang sudah dalam kondisi tidak segar. 

Komoditi laut yang paling banyak terdapat di Pantai Santolo adalah tongkol, layur, dan cumi. Jika ingin membeli ikan laut dalam kondisi yang masih segar pada pagi hari pergi ke tempat pelelangan ikan, tanya harga ikannya dan minta dimasakin sama yang jual.

Jika teman-teman ingin menyaksikan pantai yang bening airnya, pergilah ke sisi kiri, naik perahu penyeberangan seharga Rp 2.000,-/orang. Di sisi pantai ini, airnya sangat bening, dangkal selutut, dan airnya cukup tenang. 

Menyusuri pantai kembali ke arah penyeberangan, terdapat jembatan, di sela-sela tiang yang menyangga jembatan, air laut mengalir dengan derasnya. Melewati jembatan ini, terdapat gundukan karang yang sangat besar, mirip dengan tanah lot.

Pantai Santolo berdekatan dengan kampung nelayan sehingga daratan yang berdekatan dengan pantai sangat khas dengan pemukiman nelayan, namun kondisi pantai yang berpasir putih kecoklatan cukup bersih dan memungkinkan untuk bermain-main di tepiannya. 

Kondisi pulau cukup asri namun sedikit kotor sedangkan pantainya penuh dengan karang sehingga ombak besar sudah pecah sebelum menyentuh bibir pantai serta di sekitar sini ada Bendungan / Jembatan Tua, bangunan deteksi dini tsunami dan karang yang cukup besar berdiri di sekitar pantai. Kondisi pantai berkarang dan karang yang berdiri kokoh ini sedikit mirip dengan kondisi Pantai Tanjung Layar di Sawarna, Lebak, Banten.
Di kawasan ini juga terdapat muara sungai dengan airnya yang jernih , sehingga wisatawan dapat turun ke laut yang dangkal untuk melihat ikan-ikan berenang disela-sela karang. Anda juga dapat menyewa perahu untuk menikmati ombak laut Santolo atau menuju ke salah satu pulau kecil yang ada tidak jauh dari pantai. Bersebelahan dengan Santolo, terdapat Pantai Sayangheulang.

Pantai ini masuk dalam wilayah Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Ombak di pantai ini terbilang tinggi, dapat mencapai diatas 2 meter. Selain Rancabuaya, Santolo dan Sayangheulang yang sudah dikenal luas, beberapa spot wisata pantai juga terdapat tidak jauh dari ketiga lokasi itu, seperti Karangparanje dan Cijeruk Indah.

Namun secara umum kondisi pantai-pantai di wilayah Garut Selatan tidak dikelola dengan profesional sebagai wisata pantai yang seharusnya. Selain transportasi yang jarang untuk menjangkaunya, sejumlah fasilitasnya pun kurang meyakinkan. 

Tidak semua kondisi jalan yang dilalui dalam kondisi baik. Selain itu banyak kelokan jalan yang curam sehingga pengendara harus ekstra waspada. Meski demikian, wisata alam di pantai Selatan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin meninggalkan rutinas kerja, tanpa diganggu dengan pekerjaan kantor.

*Lebih Baik Berangkat Pagi*

Jarak antara Garut dengan kawasan wisata Santolo atau Sayangheulang sekitar 100 kilometer dapat ditempuh dalam waktu antara 5 hingga 6 jam. Dengan lamanya perjalanan maka disarankan agar wisatawan yang hendak menuju pantai tersebut memulai perjalanan sejak pagi hari. Bukan hanya karena jauh, untuk mencapai pantaipantai itu, perjalanan harus ditempuh melintasi gunung dan bukit.

Otomatis Anda akan bertemu dengan banyak kelokan tajam, naik dan turun. Kondisi jalanan seperti itu akan ditemui sejak Cisompet hingga Cikajang menunju ke Laut Ereun, tidak jauh dari perjalanan menuju Santolo. Meski pagi hari, sinar matahari terkadang sulit menembus jalur lalulintas karena lebatnya hutan.

Jadi bisa dibayangkan jika perjalanan dilakukan sore bahkan malam hari. Sehingga memang disarankan jika sudah menikmati wisata lebih baik tidak langsung pulang. Lebih baik menginap terlebih dahulu satu malam, esok harinya baru pulang. Jadi selain kondisi badan yang prima, kendaraan Anda juga harus prima pula. Pondok atau rumah panggung dari bambu dapat dipilih bagi rombongan keluarga.

Biasanya sewanya sekaligus satu rumah dengan tarif antara 100 ribu hingga 500 ribu tergantung ukuran dan kondisi bangunan. Pemilik pondok tidak menyediakan makanan, namun jika diminta mereka siap untuk membuatkan. 

Tetapi di Santolo banyak ditemui rumah makan seafood sederhana. Fasilitas pondokan paling sederhana hanya terdapat kamar mandi, tempat tidur, serta air minum. Jika tidak ingin mengeluarkan ongkos terlalu banyak, untuk makan Anda bisa membawa bekal mie instan.
Reaksi:

7 komentar:

  1. Santolo keren pernah sekali berkunjung ke sana, dan sekarang pengen lagi ke santolo bareng temen kampus
    salam http://www.hotel-surabaya.com/

    ReplyDelete
  2. Pantai Santolo
    Bandung hari ini sejuk segar dan Indah :)

    Sepertinya mewujudkan mimpi untuk melihat keindahan pantai di Garut indah ya ?.

    awalnya hanya dengar cerita & melihat foto di google. kini mimpi semakin dekat karena saya akan berangkat kesana, hehe

    hal yang pertama dilakukan adalah, mari mencari informasi tentang Pantai Santolo dan Sayang Heulang

    Lokasi: Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut
    Koordinat : 7 39' 40" S, 107 41' 11" E
    Arah: sebelah selatan pusat Kota Garut dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam perjalanan kendaraan dan berjarak sekitar 88 Km.
    Fasilitas: Kios Souvenir, Hotel, Homestay


    Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota. merupakan tempat berkegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.

    Panorama pantai dan biota laut Pantai menjadi keindahan dan daya tarik wisata pantai ini. Selain itu ada juga sewaan perahu yang dibutuhkan seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkaupun tersedia dan siap untuk kita singgahi dan nikmati :)

    benarkah di pantai ini ada sebuah pulau kecil?
    ada donk, ada lah, ada atuhhh :)

    Di Pantai ini ada pulau kecil yang oleh masyarakat disebut Pulau Santolo. Pulau ini sering dijadikan persinggahan para nelayan maupun para pelancong. selain itu ada juga pintu air yang dibuat pada zaman kolonial Belanda lho. Untuk mencapainya, para pelancong bisa menyeberang dengan menyewa perahu atau berenang jika ingin lebih menantang.


    Selama penjajahan Belanda, suasana di Pamengpeuk dan Santolo sangat ramai. Jadi, peran strategis Santolo dan Cilauteureun sudah ada zaman Belanda, tetapi katanya sekarang agak sedikit terabaikan. yahhhh

    Nah untuk menuju ke Santolo atau Sayang Heulang ada beberapa route jalan yang bisa ditempuh untuk tiba di pantai santolo Garut Jawa Barat diantaranya
    Jalur pertama : melalui terminal Garut dilanjutkan ke santolo.
    Jalur Lainnya : melewati Cianjur - Cidaun - Rancabuaya - Santolo
    kalo dari Bandung bisa lewat : ranca bali - Naringgul - Cidaun - Rancabuaya - Santolo. atau melalui Jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan

    wahhhh, di Pantai Santolo ada tempat peluncuran roket bagian dari institusi LAPAN milik negeri kita Indonesia. ada tempat lelang ikan dan Di kiri kanan jalan utama Pantai Santolo ada juga rumah makan yang menyediakan berbagai macam menu kuliner hasil laut serta beberapa motel kecil yang menghiasi pinggiran pantai.


    Tempat yang berjarak kurang lebih 150 km dari kota Bandung sangat indah sekali, tapi emang aga lumayan karena jarak tempuhnya hampir sama seperti jarak tempuh dari Bandung ke Pantai Pangandaran karena waktu yang ditempuh sekitar 5-6 jam dengan kecepatan standar (ya cepet-cepet dikit ga sampe 90 km / jam).
    Perjananan menuju ke Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang yang katanya indah dan masih belum terlalu ramai dikunjungi orang cukup berkelak kelok.....dari catatan bang sopyan....... by..dani sabila pondok karang laut...082129705000

    ReplyDelete
  3. min mau minta contact personnya... saya mau pesen paket tour pantai santolo 3H2M. e-mail brosurnya yaaa : summer_holic@ymail.com

    ReplyDelete
  4. Keren pisan info na kang, lengkep.. Mau nanya sekalian ada villa gak di sekitaran sana, saya mau menulis tentang penginapan di sana tapi bahannya kurang ... Makasii kang

    ReplyDelete
  5. wooh indah benget serasa di pantai kuta bali,tapi ada yang kurang lengkap inpona admin,tentang kulinernya

    ReplyDelete
  6. Bagaimana dengan ombaknya kang aman buat berenang kang ?

    ReplyDelete
  7. Sae pisan kang ... berkali-kali baca semakin tertarik ke Santolo

    ReplyDelete

Who Behind on www.hoteldigarut.net

Hotel di Garut Informasi yang jujur dan objektif membahas tuntas kelebihan serta kekurangan dari setiap penginapan dan Hotel di Garut serta Villa, Resort & Rumah Sewa maupun Home Stay yang berada di Kota Garut. Kami bukan hanya memberikan informasi dan menyediakan jasa reservasi dengan harga terbaik, akan tetapi kami memposisikan diri sebagai sahabat, sobat dan sedulur para calon pelancong... Anda dapat menemukan Hotel di Garut pada Twitter, Facebook dan Google+. Anda juga dapat Menghubunginya di hoteldigarut2@gmail.com