.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

Saturday, 6 April 2013

Rumah Makan Sambal Cibiuk

Begitu banyak pilihan Restoran, Rumah Makan dan Cafe di Garut dari mulai yang murah sampai dengan harga termahal. Rumah Makan Khas Sunda dengan suasana nyaman serta tenang seperti Rumah Makan Si Kabayan ataupun Rumah Makan Asep Stroberi serta yang menyediakan masakan Internasional misalnya  Jemanii Resto & Cafe di Cipanas dan Restoran Pujasega Garut di Tarogong. 

Dikalangan warga masyarakat Jawa Barat terutama Kabupaten Garut, sudah tidak asing lagi bila mendengan nama Sambel Cibiuk yang menjadi Khas Utama di Rumah Makan Cibiuk. Konon katanya menurut sumber yang tersebar di masyarakat Cibiuk-Garut, Bahwa resep sambel cibiuk ini dari Arab.








Terlepas benar atau tidaknya informasi seputar sambel cibiuk ini yang dibuat di kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut. Sambel cibiuk ini mempunya perbedaan dengan sambal lainnya yang ada di indonesia.  Karena sambel ini terbuat dari bahan alami seperti, Tomat hijau, serawung, cabe rawit dan bumbu lainnya untuk menambah rasa.

Sambel ini terkenal pedasnya, tapi tidak menimbulkan panas pada perut yang mengkonsumsinya. Saking terkenal tak hanya di kalangan masyarakat Garut sendiri, maka sekarang rumah makan sambel cibiuk sudah tersebar di beberapa kota besar seperti Bandung dan Jakarta.

Sambel Cibiuk awalnya hanya disajikan bila ada tamu agung atau para pejabat saja. Soalnya jaman dahulu sambal Cibiuk ini hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Cibiuk dan para pejabat saja, tetapi seiring dengan perkembangan jaman dan pradaban maka sekarang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat yang ingin mencicipi sambal hejo khas cibiuk.

Rumah makan Sambal Cibiuk yang ada saat ini di kecamatan Cibiuk adalah keturunan-keturunan langsung dari pemegang resep Sambal Cibiuk yang Khas. Akan tetapi bila anda tidak sempat untuk mengunjungi langsung ke tempat dimana resep sambal cibiuk di turunkan, yaitu di Kecamatan Cibiuk, tidak usah pusing, anda tinggal datang aja ke Rumah Makan Sambal Cibiuk yang ada di Garut Kota, Jl Otista dan Jl Veteran Garut.

Papan namanya bertuliskan "Sambal Ala Cibiuk." Begitu kita memasuki Restouran Sambel Ala Cibiuk ini, kita akan langsung di sambut dengan suasana konsep tatar sunda. Pengunjung bisa memilih tempat makan lesehatan maupun duduk santai di kursi dan meja apik. Hidangan yang siap di sajikan juga banyak sekali pilihannya, diantaranya Nasi Bakar, Nasi Tutug Oncom, Nasi Timbel, dan tersedia juga Nasi Timbel Beras Merah.

Menu utama antara lain ikan gurame bakar cobek, ayam bumbu, gepuk, Dan pepes ikan mas, pepes jamur, plus pepes tahu, yang rasanya wajib dimakan bersama "cocolan" sambal khas Restouran Cibiuk. Rumah makan ini menyediakan variasi sambal disajikan dengan lembaran-lembaran daun lalapan. Ada sambal asli cibiuk hijau dan cibiuk merah, sambal peuncok kacang panjang dan peuncok leunca yang menggiurkan, serta sambal ceurik yang ekstra pedas.

Masih ada sambal goreng, sambal mangga, dan seterusnya. Berbagai sambal boleh diambil sepuasnya di saung yang juluki "lapak sambal". Sambal yang bercikal bakal di Kecamatan Cibiuk (21 kilometer ditempuh dari Kota Garut) ini berbeda dengan sambal-sambal lainnya karena dibuat dari bahan serta bumbu-bumbu pilihan.

Aneka tumisan seperti tumis genjer, tauge jambal roti, kiciwis, serta kangkung oncom bisa dipertimbangkan pula untuk lauk sampingan. Untuk menutup, es durian khas Cibiuk menjadi opsi sempurna, dijamin Maknyusss.

Nilai sejarah
Dari sebuah warung kecil yang dirintis oleh H. Iyus Ruslan tahun 1999, Sambal Ala Cibiuk merupakan rumah makan yang kini maju pesat dan sudah memiliki cabang tersebar di berbagai kota, khususnya Provinsi Jawa Barat.

Segi sejarah sambal Cibiuk sendiri juga unik. Sebab, berkaitan dengan warisan penyebaran Islam di Garut. Ialah Syekh Jafar Sidik, atau dikenal dengan nama gelar Sunan Haruman, seorang tokoh penyebaran Islam di Garut pada abad 18.

Syekh satu ini senantiasa menjamu tamunya, yang pada waktu itu datang untuk mendapatkan pengajaran agama di rumahnya. Ia kabarnya ahli dalam mengolah bahan makanan. Konon yang pertama menghidangkan sambal segar yaitu salah satu putri Sunan Haruman, bernama Nyimas Ayu Fatimah.

Peranan Sunan Haruman dalam mewariskan tradisi kuliner di Garut, persisnya daerah Cibiuk yang saat ini sudah menjadi wilayah kecamatan, terus diingat dan dilestarikan masyarakat Sunda Garut dewasa ini.

Cibiuk Rumah Makan Garut
Address: Jl Otto Iskandardinata 321 RT 001/01, Tarogong
City: Garut
Postal code: 44151
Fax: 0262 231187
Phone number: +62.262.231187
Cibiuk Rumah Makan

Pusat (Garut)
Jalan Raya Cibiuk Leuwigoong Garut dan Jalan. Otista No. 321Tarogong Garut Telp: (0262) 231 187

Jakarta

    Jl. Gandaria Tengah III/3
    Kebayoran Baru
    Jakarta Selatan
    Telp: (021) 7226635
    Jl. Lapangan Ros Raya No. 15
    Tebet
    Telp: (021) 8609240
    Jl. Agung Tengah 4 Blok E 5
    Sunter
    Jakarta Utara
    Telp: (021) 64714300
    Jl. Kebun Jeruk Pos Pengumben
    Jakarta Barat
    Telp: (021) 5360076
    Jl. Raya Kalimalang Blok A 20 No.1
    Telp: (021) 8648824
    Jl. Otista Raya No. 21 A
    Telp: (021) 8514484
    Jl. Alternatif Kav. DDN No. 12 B
    Cibubur
    Telp: (021) 84591234

Depok

    Jl. Margonda Raya No. 195
    Depok
    Telp: (021) 77202604

Ada beberapa lokasi baru Restoran Cibiuk yang dibuka, kurang lebih ada 19 Rumah Makan Cibiuk yang tersebar di beberapa kota seperti Bandung, Bogor, Depok, Bekasi dan Jakarta.
Description: Rumah Makan Sambal Cibiuk Rating: 5 Reviewer: Wisata Garut ItemReviewed: Rumah Makan Sambal Cibiuk


Reaksi:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Garut Updated at: Saturday, April 06, 2013

0 komentar:

Post a Comment