.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

Thursday, 20 June 2013

Kawah Kamojang

Company Outing ataupun Outing Perusahaan dan Family Gathering biasanya memasukkan Kawah Kamojang sebagai salah satu objek wisata tujuan berlibur ke kota Garut. Biasanya untuk paket wisata ke Kawasan Wisata Pemandian Air Panas dan Waterboom Kawah Puncak Darajat ataupun yang menginap di Bukit Alamanda Resort ataupun Hotel Mulih ka Desa. Setelah jalan-jalan dan narsis-narsisan di Kebun Mawar Situhapa langsung menuju Kawah Kamojang.

Kawah kamojang adalah kawasan cagar alam dan wisata diketinggian sekitar 1.730 diatas permukaan laut. Kawasan kawah kamojang berada dipunggung Gunung Guntur tempat rekreasi air panas. Di kawah ini pengunjung bisa menemukan dan menikmati keindahan alam fumarol, kawah lumpur, danau panas dan asap yang muncul dari rekahan tanah. Area ini digolongkan sebagai Gunung tipe strato dan terakhir meltus di zaman Plistosen.

Kawasan wisatakamojang terletak hanya sekitar 40 M di selatan Kota Bandung, Kawah kamojang ini berada di Kabupaten Garut-Jawa Barat. Jalan menuju ke sana, sangat bagus, aspalnya berhotmix, meskipun berliku-liku. Kanan kiri jalan sangat menarik, banyak tanaman sayur, cabe, tomat dan beberapa petani terlihat sedang memanen hasil tanamannya. Pemandangan yang cukup menarik.





Masuk ke kawasan ini tidak mahal, cukup dengan membayar minimal Rp 11.000,- per orang. Berbeda dengan kawah seperti pada umumnya yang pernah kita kunjungi. Kawah ini sangat berbeda. Kawah di sini sebetulnya adalah goa-goa tempat semburan uap panas dari perut bumi.

Dari kejauhan, nampak semburan uap itu seperti ada yang sedang membakar sesuatu. Sesuai informasi sebetulnya ada belasan kawah, tetapi beberapa nama kawah yang sempat dicatat oleh kami, yang pernah dilewati di antaranya kawah manuk, kawah kereta, dan kawah ceceret.

Satu lagi kawah yang indah dengan pemandangan panorama alam begitu menawan yaitu kawah hujan. Kawah hujan ini masuh berada di area kawasan kamojang. Setiap pengunjung pasti menginginkan semua kawah bisa dijumpai, tetapi sebelum merencanakan itu, dari awal kita harus menyusun dan mempersiapkan waktu yang sangat panjang supaya bisa mengunjungi semua kawah yang ada di kamojang.

Nama kawah yang disebutkan diatas memiliki makna tersendiri, kawah yang paling banyak dikunjungi adalah kawah Kereta, karena kawah kereta ini sangat menarik untuk dijumpai. Gas yang keluar memiliki tekanan yang sangat luar biasa. Disini kita bisa menjumpai juru kunci bernama Koko.

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Tempat Wisata Kawah Kamojang, memang amat sangat sulit untuk mengetahuinya, dikarenakan posisi tempat dan jalan yang harus di lalui amat berliku-liku. Terletak di kawasan wisata cagar Alam Desa Cibeet dan Desa Randukurung perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut, kontur jalan yang nanjak mudun menjadi kendala bagi pengendara yang harus amat sangat hati-hati untuk melaluinya.

Sebelum kita memasuki kawasan Wisata Kamojang kita di suguhi dengan pemandangan yang tak biasa dan akan Anda temui yaitu pipa-pipa besar PLTP yang di kelola PT. Pertamina dan PT. Indonesia Power, juga deretan pohon pinus yang membentang di pinggiran jalan menuju Kawah Kamojang serta aroma bau belerang yang pekat menusuk hidung kita. Di sini terdapat 23 kawah dan 2 diantaranya berbentuk danau dengan Asap yang mengepul dari Permukaan Airnya.

Selain kawah-kawah yang mengagumkan, jika kita beruntung di area Cagar Alam Kawah kamojang kita bisa menjumpai berbagai Satwa langka dan tanaman Hutan yang asing tumbuh di sekitaran Taman Wisata Cagar Alam Kamojang, seperti Macan Tutul, Tringgiling, Lutung, Ayam Hutan, Anjing Hutan, Babi Hutan dan Beraneka Jenis burung, di tambah tanaman Pakis dan macam-macam Anggrek.


Kawah kamojang merupakan tempat wisata alam yg terltak di pegunungan kamojang, di area tersebut terdapat gas panas bumi yg aktif dan merupakan lokasi pembangkit listrik tenaga panas bumi yang pertama ada di Indonesia.






Perjalanan ke kawah kamojang pun begitu memanjakan para pengunjung. Di kelilingi hutan lindung yg dikelola salah satu perusahaan pengelola panas bumi, membuat para pengunjung merasakan segar nya udara. Jalan dengan tikungan "jahat" cukup memicu adrenalin para pengunjung. Tapi itu pula yg membuat pengunjung begitu berkesan dengan keindahan kawah yg mempunyai 23 titik kawah ini.

Kawasan wisata Kamojang terletak hanya sekitar 40 kilometer di selatan Kota Bandung. Dari Kota Bandung, jalur yang bisa ditempuh adalah melalui Rancaekek, kemudian ke Kecamatan Majalaya. Dari Kecamatan Majalaya inilah Anda bisa bertanya mana jalan yang menuju Kamojang.

Selain melalui Majalaya, Kamojang juga dapat ditempuh dari arah Kota Garut. Jalan melalui Majalaya medannya cukup berat karena terus menanjak, dan mendekati Kamojang, jalannya berbelok-belok tajam sambil terus menanjak.

Jika melalui Garut, jalan yang harus ditempuh lebih landai sehingga relatif bisa dilalui kendaraan kelas apa pun. Jarak dari Kota Garut ke Kamojang sekitar 25 kilometer.

Di sana pun terdapat kawah kereta api.Kawah inilah yang akan dilalui wisatawan yang hendak melakukan petualangan ke kawah-kawah lain di Kamojang. Namun, jika Anda tak terbiasa melakukan perjalanan jauh, perjalanan bisa dihentikan di kawah Hujan.

Di kawah ini biasanya para wisatawan menikmati panasnya uap langsung dari perut Bumi, bersauna dari sumber alami. Mandi uap itu tidak lama. Sekitar 10 menit Anda sudah cukup mandi keringat. Mandi uap di sana berkhasiat menghilangkan sejumlah penyakit, seperti tekanan darah tinggi, sakit-sakit persendian, dan rematik.

Tunggu apa lagi?! Jadikan perjalanan ke Garut lebih lengkap dengan mengunjungi kawasan Kamojang. Sekaligus di sini pula Anda bisa melihat sumur-sumur panas bumi dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Kamojang.
Description: Kawah Kamojang Rating: 5 Reviewer: Wisata Garut ItemReviewed: Kawah Kamojang


Reaksi:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Garut Updated at: Thursday, June 20, 2013

0 komentar:

Post a Comment