Tips Berlibur di Hari Lebaran Murah Meriah SUDAH

Berwisata di Hari Raya Idul Fitri 1434 H atau Hari Lebaran tahun 2013 ke kota Garut saat ini memang menjadi pilihan beberapa calon pengunjung. Villa dan Bungalow Murah maupun Rumah Sewa bisa menjadi pilihan alternatif menginap dikarenakan Harga High Season di Hari Lebaran Penginapan dan Hotel di Cipanas menaikkan harga antara 100-400 % (persen) dari hari biasa (weekday).

Tim Hotel di Garut akhirnya memutuskan untuk tidak menjual sewa kamar baik penginapan melati, hotel bintang 1, bintang 2, bintang 3 maupun bintang 4 di lokasi Objek Wisata Pemandian Air Panas di Cipanas Tarogong Garut saat puncak pengunjung lebaran kali ini, karena menurut kesimpulan kami para pengelola menaikkan harga 'tidak manusiawi'. Akan tetapi untuk penginapan di lokasi Puncak Darajat Garut seperti Darajat Pass dan Sinar Alam serta beberapa Sewa Rumah, Bungalow dan Villa yang menaikkan harga 'masih masuk di akal sehat' kurang lebih hanya 50 % saja saat high peak Libur Idul Fitri 2013 masih bisa booking via Hotel di Garut.











Liburan lebaran terjadi setahun sekali. Biasanya orang mulai berencana mengisi libur lebarannya dengan bersilaturahmi, jalanan padat dan yang menarik kota jakarta sepi itulah tradisi setahun sekali. Orang-orang tak peduli dengan keadaan macet atau manusia yang berhamburan di jalan yang mereka pedulikan adalah silaturahmi di lebaran dengan sanak keluarga yang dekat sampai yang jauh.

Bersalaman merupakan tradisi yang harus di lakukan itu mengapa libur lebaran diisi dengan keluar rumah. Setelah mengisi liburan dengan bersilaturahmi biasa keluarga berlibur dengan berekreasi, rekreasi yang padat biasanya adalah rekreasi air seperti berenang. Tempat wisata air, pemandian, water park penuh di kunjungi banyak orang.

Bagi sebagian dari Anda, libur Lebaran yang lebih lama mungkin terasa lebih menyenangkan. Anda bisa punya waktu lebih banyak untuk melepas rindu dengan keluarga maupun para sahabat di kampung halaman. Bagi Anda yang tidak mudik, tentu saja libur kali ini bisa dijadikan kesempatan untuk beristirahat.

Mudik atau tidak, biasanya libur Hari Raya Lebaran Tahun 2013 ini pastinya juga dimanfaatkan untuk berekreasi di samping bersilaturahmi. Ya, hitung-hitung sebagai refreshing agar Anda bisa lebih segar dan melakukan kegiatan lebih baik saat kembali ke pekerjaan sehari-hari.

Nah, kalau Anda masih berada di kampung halaman pada saat libur yang panjang ini, maka Anda bisa ajak sanak saudara untuk pergi rekreasi. Wah, keluar biaya banyak, dong? Sebetulnya kegiatan rekreasi itu tidak harus dilakukan ke tempat-tempat yang mahal, kok. Kalau disekitar kampung halaman Anda ada obyek wisata yang bisa dikunjungi, maka Anda sudah rekreasi ke situ.

Sekarang masalahnya adalah bagaimana melakukan rekreasi dengan biaya yang terjangkau, dan kalau bisa, hemat. Biarpun ada banyak sanak-saudara ikut rekreasi bareng Anda. Untuk itu, dibawah ini adalah tips-tips yang bisa dimanfaatkan:

Memilih Tempat Rekreasi Yang Murah Tapi Berkualitas
  • Pertimbangkan Obyek Wisata yang Murah tapi Meriah Yang namanya obyek wisata, tentu tidak harus selalu yang mahal. Bagi Anda yang berada di kota besar, kunjungan ke taman hiburan mungkin akan terasa mahal, terutama bila ada banyak jumlah anggota keluarga yang berekreasi.
Sebagai alternatif, Anda bisa mengunjungi obyek wisata yang murah tapi meriah. Salah satu contoh yang bisa Anda pilih adalah obyek wisata alam. Di Garut Jawa Barat, rekreasi ke obyek wisata alam umumnya bisa didatangi dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan cenderung dengan biaya yang sangat murah. Misalnya ke daerah pegunungan (daerah puncak darajat, Kawah Kamojang dan sekitarnya). Bisa juga mengunjungi daerah pantai (Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya dan Wisata Pantai Garut Selatan lainnya).

Alternatif lainnya bisa juga mengunjungi obyek wisata alam yang memiliki nilai sejarah, semisal  Situs Ciburuy di Cigedug, Makam Keramat Godog, Candi Cangkuang Garut dan Kampung Adat Pulo, Situ Bagendit. Kunjungan ke kebun binatang biasanya tidak mahal misalnya mengunjungi Kebun Binatang Cikembulan Leles. Bahkan, kita bisa berwisata sekaligus menambah pengetahuan. Obyek-obyek wisata seperti ini, selain harganya sangat terjangkau, juga sangat menyenangkan serta tidak kalah dari obyek-obyek wisata yang lain yang berharga cukup mahal. Bahkan ada beberapa Lokasi Rekreasi yang gratisan, seperti Batu Tumpang Cikajang dan Talaga Bodas Wanaraja.

Hemat Budget Untuk Makan dan Minum
  • Bawa Makanan dan Minuman dari rumah atau pesan catering pada tim Hotel di Garut jauh-jauh hari sebelumnya (budget breakfast, lunch dan dinner bisa disesuaikan dengan anggaran yang cukup wajar). Fakta membuktikan, pengeluaran terbesar yang selalu terjadi saat kita berwisata atau rekreasi adalah untuk jajan makanan dan minuman. Kalau jumlah sanak saudara yang pergi berekreasi cukup banyak, pertimbangkan untuk membawa bekal makan dan minum sendiri dari rumah. Dengan demikian, Anda akan menghemat banyak sekali biaya, terutama bila anda menginap di Hotel atau Penginapan di sekitar lokasi Cipanas Garut, sedangkan untuk daerah Waterboom Kawah Darajat Garut harga makanan masih cukup terjangkau.
Bayangkan saja bila Anda pergi berekreasi dengan jumlah sekitar 10 orang, dan masing-masing Anda ajak makan di luar, mungkin satu orang bisa menghabiskan sekitar Rp 30 - 50 ribu. Ini berarti, total sudah Rp 300 ribu - 500 ribu Anda habiskan. Jangan lupa, fokusnya di sini adalah rekreasi, kan? Bukan makan-makannya. Uang sejumlah itu mungkin bisa dimanfaatkan untuk berkunjung ke obyek wisata lain. Tentu saja ceritanya akan jadi lain bila wisata Anda adalah wisata makanan.

Hemat Biaya Transfortasi
  • Sewa Kendaraan sendiri kalau Jumlah Peserta Banyak Kalau ada banyak anggota keluarga yang berekreasi, ada bagusnya kalau Anda mempertimbangkan menyewa mobil. Syukur-syukur kalau Anda memiliki mobil yang bisa digunakan. Dengan menggunakan satu mobil saja untuk mengangkut banyak orang, sebetulnya Anda sudah menghemat biaya transportasi yang cukup besar.
Kenapa? Karena walaupun ada banyak orang yang pergi berekreasi dengan Anda, tapi biaya yang Anda bayar paling-paling bensin dan sewa mobil saja (kalau memang itu mobil sewaan). Tidak peduli seberapa banyak orang yang pergi berekreasi dengan Anda. Jadi, banyak orang bukan berarti harus boros mengeluarkan uang untuk transportasi. 

Hemat Biaya Menginap / Sewa Kamar Penginapan dan Hotel
  • Memilih Rumah Sewa yang memiliki kapasitas cukup besar (3 kamar, 4 kamar ataupun 5 kamar) lebih efektif dan efesien dibanding reservasi di kamar hotel yang harganya selangit dikarenakan kenaikan harga yang sangat tinggi. Selain Rumah Sewa, Bungalow ataupun Villa milik perseorangan biasanya harganya lebih bersahabat dan damai serta manusiawi.
Ingat pada hari raya Idul Fitri sebetulnya fokus kita berwisata, liburan sekalian bersilaturahmi bukan sekadar tidur. Kalau hanya untuk 'merem doang' anda menghabiskan dana terlalu besar sangat disayangkan, yang penting ada tempat nyaman dan aman untuk dijadikan basecamp kita sekeluarga.

1 comment :

  1. Usaha kecil yang sekarang menguntungkan itu bisnis catering.
    Target pasarnya jelas dan tinggal antar :) Kalo servisnya oke dan menunya enak, pasti bermanfaat sekali.
    Jika sudah ramai, sebaiknya Anda menggunakan Packaging Makanan

    ReplyDelete