Paket Wisata ke Garut

Saat ini cukup banyak orang yang ingin menghabiskan waktu liburannya ke Kabupaten Garut, permintaan paket wisata untuk rombongan kecil 5, 10 s/d 15 orang sampai dengan rombongan besar 50, 100, 200 s/d 400 orang yang akan mengadakan outing perusahaan ataupun family gathering meningkat, sehingga para tamu reguler banyak yang kehabisan tempat menginap terutama Penginapan dan Hotel di dekat dan sekitar Obyek Wisata Kawah Puncak Darajat Garut yang penuh hampir di semua Weekend sampai beberapa minggu ke depan.

Beberapa Paket Wisata Garut bisa kita lihat dan baca di artikel Paket Liburan Murah Garut, Paket Tour ke Garut, dan Wisata Darajat Garut. Sebetulnya kita bisa memilih sendiri tempat menginap saat datang ke kota ini, dan berkeliling ke beberapa objek wisata dengan memakai jasa Paket One Day Trip.







Mayoritas para calon tamu memilih kawasan Wisata Pemandian Cipanas dan Waterboom Darajat Garut sebagai tujuan mereka melakukan family gathering ataupun outing perusahaan. Selain Penginapan dan Hotel, Villa dan Rumah Sewa di kota Garut okupansinya meningkat beberapa waktu terakhir ini.  Kami kutip artikel Wisata di Garut di Kompasiana yang memberikan gambaran dan Tips dalam melilih Travel Agen / Agen Perjalanan saat akan berlibur ke Kabupaten Garut.

Beberapa Tips Memilih Paket Wisata ke Garut.

1. Pilih Agen Travel Yang Profesional
Pilihlah Agen Travel perjalanan seperti anda memilih dokter atau lawyer untuk membantu kepentingan anda. Agen Travel yang professional dapat menjelaskan secara detail tempat yang akan anda kunjungi. Anda juga bisa mencoba mendengar nasihat teman dan kerabat yang telah menggunakan Agen Travel perjalanan yang mereka percayai. Karena jenis pilihan perjalanan (seperti perjalanan keluarga, berkelompok/ grup, petualangan, ekoturisme) merupakan keputusan personal yang bertujuan sama yaitu ingin mendapatkan kepuasan dalam perjalanan dari segi apapun. Agen Travel Terbaik akan berusaha membangun hubungan jangka panjang dengan klien, tidak semata mengejar transaksi di saat itu saja.

2. Jangan Tertarik dengan Harga Murah
Agen Travel yang semakin banyak membuat mereka berlomba-lomba mengadakan promo dengan harga murah. Tapi ingat! Jangan mudah tergiur dengan tawaran paket murah dari Agen travel. Anda harus perhatikan rincian paket yang diberikan, mulai dari transportasi, akomodasi, logistik, lama perjalanan, hingga tur keliling. Pastikan fasilitas yang diberikan memadai dan tidak merepotkan Anda.

3.  Pilih Agen Travel yang berdomisili di Lokasi Tujuan Wisata Anda
Dengan memilih Agen Travel dan Tour yang benar-benar berada di Garut sudah bisa dipastikan anda bisa menekan harga cukup tinggi, dikarenakan biasanya Agen di kota yang dituju lebih paham tentang situasi kotanya sendiri dan punya jaringan yang cukup luas karena merupakan penduduk lokal. Walaupun tidak seprofesional Agen Tour dan Travel di kota Besar, akan tetapi anda bisa meminta penjelasan lebih detail baik itu kelebihan dan kekurangan tempat wisata di Garut, hotel dan penginapan serta memandu jalan dan memprediksi situasi serta jadwal liburan anda lebih efektif dengan mengunjungi Objek wisata populer dengan membuat Itinerary yang lebih jelas dan lebih mudah jika ada perubahan jadwal, jumlah peserta ataupun tujuan wisata, jika memakai agen travel luar kota dipastikan mereka juga akan mengeluarkan dana untuk Survei dan pengumpulan informasi yang sudah tentu dibebankan kepada peserta.



Saat ini Wisata Budaya dan Wisata Ziarah memang kurang menarik perhatian para pelancong yang datang ke Garut, mungkin diakibatkan oleh sarana dan prasarana di sekitarnya kurang memadai. Terutama akomodasi dan aman dan nyaman belum banyak dibangun di sekitar lokasi rekreasi yang mengandung unsur sejarah dan peninggalan zaman dulu.

Tips Liburan Murah ke Kota Garut :
  1. Anda harus mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika Anda mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke Garut, jika waktunya mepet anda akan dihadapkan pada situasi Hotel dan Penginapan yang recommended sudah Full Booking sehingga sangat terbatas pilihan tempat menginap baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas tempat menginap. 
  2. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan Anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan. Biasanya mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah dan efesien. Namun jika Anda ingin berpergian sendiri / ketengan, ketahui dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat. Jangan sampai biaya liburan anda membengkak karena tidak begitu paham situasi di lapangan yang sesungguhnya.
  3. Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika Anda bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat ataupun Villa dan Bungalow  milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Anda dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar. Walaupun fasilitas di HomeStay, Villa, Rumah Sewa tidak selengkap di 'Hotel Wisata' akan tetapi untuk rombongan besar bisa menghemat dana yang cukup besar berhubung harga dan tarif Hotel di Garut termasuk cukup tinggi terutama Penginapan dan Hotel yang berada di Lokasi Wisata Air Panas baik di Cipanas maupun Darajat Garut.
  4. Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi. Jika ingin air panas alami pilih Darajat Garut, Kawah Kamojang, Kebun Mawar Situhapa, Curug Orok dan Situs Ciburuy, dan anda bisa mengunjungi Situ Bagendit dan Candi Cangkuang serta Kampung Pulo pada perjalanan pulang ke arah Bandung atau Jakarta. 
  5. Paket Wisata 2 Hari 1 malam dengan mengunjungi Objek Wisata diatas cukup lengkap dan mewakili beberapa tempat populer dan terkenal serta unik di kota Garut. Atau jika ingin lebih santai di perjalanan dan tidak terburu-buru anda bisa mengambil Paket Wisata 3 Hari 2 Malam.
  6. Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan / restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika Anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir Anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.
  7. Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya bisa menghemat uang Anda.
  8. Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih sehat, Andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu. Bawalah uang saku sesuai dengan budget. Dan tetap catat semua pengeluaran Anda selama perjalanan dari awal hingga akhir.
  9.  Jika Anda dan keluarga mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Anda bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa didapatkan pada masa “high season”.
  10. Jika anda Backpacker atau Nekad Traveller, bisa mencoba konsep Home Stay di Garut ataupun Grand Camp (untuk rombongan besar), akan tetapi jika rombongan anda sedikit dengan berbekal tenda walaupun bukan merupakan bumi perkemahan akan tetapi Anda bisa menginap di Objek Wisata Darajat Pass Water Park ataupun Awit Sinar Alam Darajat dengan membayar biaya tiket dan sewa tempat untuk tenda dengan harga yang cukup murah. Pilihan lainnya untuk yang berjiwa Petualang dan senang Tidur dengan suasana Adventure, Bumi Batara Adventure Camp bisa menjadi pilihan alternatif  menginap dengan biaya hemat.
Last But Not Least, Seandainya Wisata Pantai di Garut menarik perhatian anda dan ingin mencoba mengambil Paket Wisata ke Pantai Santolo Garut, Pantai Sayang Heulang, Pasir Putih Gunung Geder, Pantai Karang Paranje, Pantai Manalusu, Pantai Cicalobak ataupun ke Pantai Rancabuaya. Pastikan anda paham dengan Rute Perjalanan ke daerah Garut Selatan dan sudah mempunyai cukup informasi Penginapan dan Resort di Garut Selatan 

Salam Backpacker buat para Pecinta Nekad Traveller!

2 comments :

  1. Mau nanya dong. Kalo paket wisata ke Garut, bisa sekalian nggak dengan kawasan2 wisata lain disekitaran sana? Nyambung sampai Tasikmalaya, Ciamis, dan Pangandaran misalnya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Salam kenal , kami menyewakan villa di malang , villa batu murah untuk perusahaan . Info lebih lengkap : http://www.1stoutbound.com/villa-refa-bungkoh-villa-di-malang/

    ReplyDelete