Tempat Wisata di Garut


Begitu lengkapnya kota Wisata Garut jika dilihat dari asfek pariwisatanya dari mulai Wisata Alam, Wisata Pantai di Selatan, Wisata Kuliner, Wisata Sejarah dan Budaya misalnya Situs Kabuyutan Ciburuy, Wisata Gunung Berapi dengan Kawahnya yang indah  dan Sungai yang membentang luas, Bumi Perkemahan, Outbound di Garut, Paintball dan Arung Jeram, Paralayang di Garut dan lain sebagainya sebagai Tempat Wisata di Garut yang cukup populer dan terkenal.

Setelah masa keemasan Jeruk Garut yang merupakan Jeruk terbaik di Indonesia pudar dan punas, berakhir setelah Gunung Galunggung di Tasikmalaya meletus, saat ini kota Dodol tetap menjadi Objek tujuan Wisata Belanja dengan adanya beberapa makanan khas dan oleh-oleh asli Garut yang cukup terkenal seperti Chocodot, Dodol Picnic, Nasi Liwet Instan, Emplod, Ladu dan Kerupuk Kulit serta Dorokdok. Tidak lupa Souvenir yang terbuat dari bahan kulit seperti Topi, Dompet, Tas Wanita, Tas Pria, Sepatu Kulit, Ikat Pinggang dll dikarenakan pusat dan sentra pengrajin Jaket Kulit beberapa workshop dan tokonya berderet di sekitar Jln. Sukaregang Garut. 

Akar Wangi di Jln Samarang, Pabrik Sutera Alam dan Domba Garut masih menjadi magnet yang cukup kuat bagi para pelancong yang penasaran dan belum pernah melihat serta mengunjunginya.

KopiTozie di Villa Wisata Domba Garut
Domba Garut
Villa di Rancabango Wisdom
Mengunjungi Workshop Sutera Alam di Panawuan
Kandang Domba Adu Pilihan di Puncak Rancabango
Wajar jika begitu banyak Wisatawan yang tertarik untuk belibur dan wisata ke Kabupaten Garut ataupun melaksanakan Study Tour walaupun beberapa Penginapan dan Hotel di Garut terutama yang berada di daerah Cipanas memasang tarif yang cukup tinggi.

Pengalaman pertama berkunjung ke SWitzerland Van Java alias Kota Garut memberikan kenangan tersendiri, karena liburan ke kota Dodol ini banyak pengalaman dan kesan yang tak bisa dilupakan saat kita berkunjung ke tempat-tempat objek wisata yang ada di Kota Intan.

Bagi para wisatawan yang akan menuju ke Kota Garut, pas kita masuk ke wilayah Tarogong akan melihat tugu kota Intan, INTAN singkatan dari (Indah Tentrem Aman Nyaman). 

Kain Sutera Alam Garut
Anak Domba Garut
Nasi Liwet Instan Garut
Berfoto di Salah Satu Villa di Garut

Arung Jeram di Garut
Waterboom dan Kolam Renang Awit Sinar Alam Darajat

Fitri Priyanti di Banyu Alam Resort
Kota garut dengan julukan Swiss Van Java yang sudah mulai dikenal dari dulu. Perkembangan wisata di Kota Garut ini, dari tahun ketahun terus meningkat, terlihat bila kita akan berkunjung ke Kota Garut perjalanan arah Garut akan padat dengan kendaraan roda dua maupun roda empat yang berlibur di objek wisata yang ada di Garut, apalagi saat weekend.

Ketika kita berada di kota Garut saat-saat tertentu khususnya weekend, makan kendaraan akan banyak dengan plat nomor luar kota Garut.  Terlebih pada hari sabtu dan minggu, beberapa ruas jalan mengalami kemacetan terutama di sekitar Jl. Otista yang menuju arah Bandung maupun tempat wisata pemandian Air Panas yang berada di Tarogong Kaler, di bawah Kaki Gunung Guntur.

Berdasarkan pengamatan di beberapa lokasi rekreasi dan objek wisata di kota Garut, sektor-sektor pendukung Pariwisata mulai berkembang. Beberapa rumah makan beridi di beberapa titik, baik Jalan Raya menuju Luar Kota maupun menuju ke beberapa tempat wisata di Garut.

Tim Hotel di Garut bukan hanya membuat postingan dan artikel tentang Wisata Garut akan tetapi langsung berkeliling hampir ke semua lokasi rekreasi dan tempat wisata di Garut yang akan direview dengan jujur dan objektif baik kelebihan dan kekurangan, rute perjalanan, tiket masuk, tarif dan harga terbaik. Semua foto yang diupload di situs ini mayoritas adalah asli perwakilan Tim Hotel di Garut yang 'narsis' berpose di beberapa Tempat Wisata di Garut

Jaket Kulit Garut Indian Style
Sawah Trekking
Pemandangan di Kampung Dawuan Garut
Koleksi Foto Bu Dian Diani Jaydi Villa Tarogong
Bu Dian Diani Berpose di Kolam Pancing
Pemandangan Indah dan Background Sawah di Garut
Pusat oleh-oleh pun semakin menjamur, pusat batik garutan mulai bermunculan, toko-toko kulit khas Garut pun ramai, lalu industri kreatif seperti Chocodot seakan menjadi trade mark baru dari kota ini. Saat ini juga ada beberapa toko yang menjual miatur dari domba Garut, sebagai oleh-oleh khas Garut yang terkenal dengan domba Garut. nah ini juga menjadikan salah satu oleh-oleh terbaru bagi para wisatawan.

Garut sebetulnya telah memiliki semua kriteria untuk dijadikan pusat Pariwisata baru di Jawa Baray. Apabila hanya bicara keindahan alam, Garut memiliki paket lebih lengkap jika dibandingkan dengan salah satu pusat pariwisata yang ada di ibu kota Provinsi Jawa Barat yaitu Bandung.

Kota Garut tidak hanya memiliki gunung-gunung yang indah, namun juga hamparan kebun teh yang memikat, air terjun dibeberapa wilayah yang mempesona, hamparan sawah bak permadani, bukit-bukit yang berjejer, sumber air panas alami, situ-situ yang begitu damai dipagi hari, candi bersejarah,bahkan Garut memiliki apa yang tidak dimiliki Kota Bandung, yaitu Pantai-pantai yang masih alami dan bersih.

Beberapa penginapan sebagai fasilitas pendukung para wisatawan mulai dari kelas kere dan bikin kere pun ada, restoran pinggir jalan maupun pinggir resort sebenarnya sudah mumpuni. Apalagi kerajinan-kerajinan khas Garut sudah banyak berdikari di kota Intan ini.

Garut saat ini dengan beberapa tahun lalu, Garut semakin berkembang, kata salah satu wisatawan yang mengatakan sebagai Fans Kota Garut, berharap Garut tetap bersih, aman, nyaman, bisa rapi meski semakin hari garut banyak dikunjungi dari luar kota.

Hanya saja yang menajdi permasalahan krusial yang sedikit banyak menghambat perkembangan industri pariwisata Garut, yaitu yang perlu segera dibenahi adalah akses transfortasi menuju spot-spot menarik yang ada di Kabupaten Garut.

Karena banyaknya tempat yang indah tak terjamak oleh manusia, akibat tak adanya fasilitas transfortasi dan jalanan yang tak memadai, ini menjadi salah satu alasan para wisatawan enggan berkunjung ke beberapa tempat objek wisata yang cocok sekali dijadikan tempat liburan.

Untuk yang ingin mengetahui Daftar Tempat Wisata di Garut baik di sekitar kota, Garut Utara maupun Garut Selatan bisa langsung melihat postingan lengkap tim Hotel di Garut di artikel sebelumnya yang berjudul Daftar Lengkap Objek Wisata di Garut.

1 comment :

  1. Hallo. Mau nanya nih. Ada paket wisata nggak ya? Misalnya berapa hari disana trus kemana aja gitu. Kalo bisa sih sekalian transportasinya juga dari Bandara Bandung kesana dan sebaliknya. Terima kasih.

    ReplyDelete