.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

Sunday, 12 October 2014

Wisata Kuliner Khas Garut

Kurang lebih 60 Km di sebelah tenggara Bandung, kita akan menemui sebuah daerah luar biasa dengan pemandangan menarik dan masyarakatnya yang unik dan beragam. Tempat ini merupakan penyangga serta hitterland bagi pengembangan wilayah Ibu Kota Provinsi Jawa Barat.Tiada lain dan tiada bukan, Kota tersebut adalah Garut, salah satu Tempat Tujuan Wisata paling Populer di Jawa Barat saat ini, bahkan mungkin akan menjadi target kunjungan Wisata paling Populer di Indonesia beberapa tahun yang akan datang.

Kabupaten ini merupakan salah satu daerah yang paling strategis di Republik Indonesia untuk dunia pariwisata.  Karena disini terdapat hamparan pegunungan indah dengan berbagai situ atau danau yang menjadi alasan Garut dijuluki sebagai Swiss van Java.








Selain itu Garut menyajikan Wisata Pantai Garut Selatan yang juga tak kalah indahnya dan wajib untuk dikunjungi bila kita banyak waktu luang untuk menjelajah beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Garut. Tempat ini juga mempunyai keragaman Budaya, Sejarah dan Makanan Khas. 

Yang paling berpengaruh dari geliatnya Wisata Garut adalah adanya para Pemandu Wisata yang berpengalaman serta Travel yang benar-benar berada di kota Garut seperti HDG Team, sehingga para Wisatawan baik lokal maupun Asing bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal dan meminimalisir kekecewaan dikarenakan Hotel / Penginapan yang dipilih kurang begitu baik.

Hampir semua perusahaan besar, jika melaksanakan Family Gathering ataupun Outing Company pasti menghubungi Team HDG agar mendapatkan data Valid serta Objektif di lapangan dengan detail. Dari mulai Paket Liburan Murah di sekitar kawasan Puncak Darajat Garut untuk kelas menengah ke bawah sampai dengan Paket Tour Kampung Sumber Alam dan Paket Wisata Kampung Sampireun yang diperuntukkan untuk kelas menengah keatas.

Di Pusat Kota Garut tepatnya disamping Alun-alun Garut atau masih satu halaman dengan Pendopo, ada sebuah nama bangunan yang disebut Babancong, Babancong adalah sebutan nama suhunan rumah adat Sunda yang menjadi icon Kabupaten Garut, di Babancong ini banyak menyimpan beberapa tapak sejarah masa lalu.

Krena Babancong ini pernah disinggahi oleh  mantan presiden RI pertama Ir. Sukarno, beliau pernah berpidato dan menyebut Garut sebagai kota Intan, sebutan ini tidak hanya terucap begitu saja, konon dahulu Garut merupakan kota kecil yang tertata rapih dan bersih. 

Siapa yang mengira bahwa seorang terkenal di mata dunia yaitu ‘Charlie Cahplin’ pernah mengunjungi Garut, Hal tersebut bukanlah hal biasa karena itu menandakan bahwa Garut memang daerah yang dapat memanjakan setiap wisatawan yang datang ke daerah Garut, dengan pemandangan yang sangat indah dan hawanya yang masih sejuk, bisa membuat pikiran kita fress.

Selain dimanjakan oleh tempat-tempat wisatanya yang menakjubkan, anda akan dimanjakan oleh beberapa yang lain dan merupakan khas dari Garut. Karena kabupaten Garut yang terdiri dari 42 Kecamatan, hampir setengahnya setiap kecamatan memiliki makanan khas daerah masing-masing. 

Ketika kita berkunjung ke Garut anda dapat menemukan sebuah tempat pengrajin jaket yang berbahan dasar kulit asli dari binatang sapi dan domba, selain itu yang terkenal dari Garut sendiri adalah pemandian air panas yang selalu dipadati oleh para wisatawan maupun penduduk asli Garut. 

Dimana ada tempat wisata maka disitu anda akan menemukan tempat makan, kuliner di Garut juga sangat terkenal,dari mulai Ladu Malangbong, Emplod (endoglewo), Burayot, Dodol Garut, Dorokdok / Kerupuk Kulit, Chocodot, Ranginang Jebrag, Nasi Liwet Instan, Kerupuk Cungur, Bandrek, Bajigur, Cireng dan masih banyak lagi kuliner-kuliner yang akan memanjakan lidah anda para wisatawan kota Garut dan bisa mencicipi beberapa makanan khas daerah yang dikemas dengan cantik, rasanyapun sama seperti cantiknya kemasan makanan tersebut.



Garut juga selain banyaknya pilihan makanan khas daerah, ada juga pasar tumpah yang dinamakan pasar Ceplak, yang buka pada sore hingga dini hari setiap harinya, disini tersedia berbagai makanan berat sampai makanan ringan yang siap anda nikmati, disini setiap harinya rame dikunjungi oleh pengunjung, baik yang ada di pusat kota Garut maupun para wisatawan yang sedang berkunjung ke Garut. 



Mengapa dinamakan pasar Ceplak? Nah mungkin sebagian orang yang belum sangat mengetahui sejarah atau awal mulanya namanya pasar ceplak pasti bingung dan penasaranan kenapa namanya bisa seperti itu, ceplak yang  mempunyai arti mengeluarkan suara pada saat menyantap makanan, ceplak diambil dari bahasa sunda.  

Menurut masyarakat Sunda tata cara makan seperti itu bukanlah hal yang baik merupakan hal yang dilarang karena tidak sopan, tetapi ini hanya sebuah nama yang menjadikan khas dan pusat keramaian yang ada di Kota Garut, pasar ceplak ini sudah terkenal dikalangan masyarakat. Jadi bila anda berkunjung ke kota Garut jangan lupa untuk mencicipi beberapa khas garut dan mampir ke pasar ceplak.

Beberapa Objek Wisata Kuliner Garut yang paling sering dipilih dan dikunjungi oleh para Wisatawan yang berlibur ke Garut dan termasuk Rumah Makan paling enak serta terbaik di Garut adalah Rumah Makan Asep Stroberi, di posisi kedua diduduki oleh Restoran Pujasega Garut. Pilihan selanjutnya diantaranya Bukit Alamanda RestoRumah Makan Cibiuk dan Jemanii Resto dan lain-lain.

Selain itu ada beberapa Rumah Makan lainnya yang kurang menarik perhatian para pecinta Wisata Kuliner, akan tetapi layak dicoba untuk melengkapi berbagai pilihan rasa dan variasi suasana sehingga saat melakukan Wisata Kuliner ke Garut para Wisatawan bisa merasakan seperti apa makanan dan bagaimana pelayanannya.  Bisa anda coba beberapa tempat alternatif seperti, Rumah Makan Megawati, Saung Sobat, Saung Sobat  Rumah Makan Layung Sari, Kantin Rai Raka, ada beberapa Tempat Makan lainnya yang akan diposting para artikel selanjutnya oleh HDG Team.

Untuk lebih detailnya para Wisatawan bisa melihat beberapa dokumentasi Video yang dirangkum oleh HDG Team, last but not least ada salah satu Rumah Makan paling Murah dan Sangat Enak serta direkomendasikan oleh www.hoteldigarut.net yaitu Rumah Makan ZaEl (Jajanan Elit) yang berada di depan SMA Limbangan Garut Utara.

Para Pecinta Wisata Kuliner bisa mendapatkan makanan dengan cita rasa internasional tapi harga lokal (Just FYI juru masaknya mantan Chef kapal Pesiar tapi harga jajanan pasar) hanya dengan merogoh kocek 15-25 ribu rupiah kita bisa cukup puas menikmati beberapa jenis masakan Khas ZaEl, sayangnya posisi Rumah Makan ini cukup jauh dari beberapa Objek Wisata yang biasa dikunjungi ketika para turis lokal dan mancanegara berlibur ke Garut.
Description: Wisata Kuliner Khas Garut Rating: 5 Reviewer: Wisata Garut ItemReviewed: Wisata Kuliner Khas Garut


Reaksi:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Garut Updated at: Sunday, October 12, 2014

1 komentar:

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai berbagai makanan di indonesia . Inilah cara yang baik untuk mempromosikan makanan yang ada di negara ini.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai explore indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

Post a Comment