Gunung Papandayan Terbakar, Pendakian Ditutup

Gunung Papandayan Terbakar, Pendakian Ditutup beberapa saat setelah HDG Team sebagai pemandu wisata terbaik dan paling berpengalaman di kabupaten Garut mendampingi beberapa rombongan wisatawan yang mencoba Wisata Kawah Gunung Papandayan diantaranya Cross Country Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara dan Bank Bukopin Jakarta.

Pada Tanggal 4-6 September 2015 ada empat sampai dengan rombongan wisatawan yang melakukan Outing serta Gathering yang menginap di beberapa Hotel di Garut diantaranya Kampung Sampireun, Hotel Danau Dariza, Bukit Alamanda dan Sari Papandayan Resort






Kebakaran ratusan hektare hutan di Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, sejak kemarin 6 September 2015, masih belum bisa ditangani hingga Senin petang. Luasnya areal hutan yang terbakar dan minimnya peralatan serta terbatasnya jumlah personel pemadam kebakaran menjadi kendala. Hanya ada 60 orang personel dan relawan yang berupaya mengatasi api.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (7/9/2015), kebakaran hutan di Blok Tegal Alun, Pondok Saladah dan Tegal Puncak, dinilai membahayakan wisatawan. Akibatnya kawasan wisata Gunung Papandayan ditutup sementara waktu sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pendaki yang sedang berkemah pun diminta meninggalkan kawasan hutan papandayan.

Sementara kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing, Jawa Tengah, sejak Minggu 6 September pagi kemarin, hingga kini belum bisa diatasi. Hutan yang terdapat di perbatasan antara Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo ini menghasilkan kepulan asap yang membubung tinggi ke udara.






Tim gabungan dari personel TNI, BPBD serta relawan dan masyarakat sudah berupaya memadamkan kebakaran yang berlangsung di Dusun Marongan, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang ini. Sulitnya mencapai lokasi serta tiupan angin yang kencang membuat api cepat menjalar ke barisan pepohonan yang kering akibat kemarau panjang.

Akibat terbakarnya lereng Gunung Sumbing yang berada di ketinggian 3371 meter di atas permukaan laut, 15 hektare areal hutan Perum Perhutani sudah ludes. Jumlah pasti kerugian akibat peristiwa kebakaran ini belum dihitung. 7 Tahun terakhir kawasan ini sudah 3 kali terbakar.

Semoga Kebakaran Lahan di Gunung Papandayan Garut bisa cepat padam dan tidak menggangu stabilitas kunjungan ke salah satu Tempat Wisata di Garut yang cukup menarik dan populer serta menjadi salah satu tempat favorit di kota Garut.

No comments :

Post a Comment