Hutan Gunung Cikuray Terbakar

Belum kering lidah ini membahas Kebakaran Hutan di Gunung Papandayan Garut, saat kami dari HDG Team Trip Planner melakukan kunjungan dan berbagi sedikit kepedulian untuk teman-teman FK3I yang mengorbankan dan mencurahkan tenaga, fikiran dan waktunya untuk penanggulangan kebakaran di Gunung Papandayan. 

Ketika kami sedang berkumpul di  Posko Kebakaran Gunung Papandayan dengan sedulur dari FK3I dan juga salah satu perwakilan dari BKSDA, disela-sela obrolan ringan ditemani kopi hitam hangat ;) salah satu rekan dari Forum Komunikasi Kader Konservasi (FK3I) Garut Ibu Ita Juwita alias Ita Taz mendapat BBM dari salah satu rekan di sekitar kawasan Gunung Cikuray bahwa di tempat tersebut ada kebakaran lahan hutan.


Hutan di lokasi Gunung Cikuray Kabupaten Garut, Jawa Barat, terbakar, Rabu siang. Lokasi ini merupakan kawasan hutan lindung dibawah Perum Perhutani tapi kenyataan di lapangan banyak pembukaan lahan dan kawasan ini sering digunakan juga untuk pengembalaan liar,  Petugas penjaga tower di Puncak Cikuray, Wildan menyampaikan, kobaran api di tempat hutan itu baru di ketahui seputar jam 14. 00 WIB.

"Peristiwanya tadi siang, pemicunya tidak paham". Ia menyampaikan, kobaran api di hutan itu mulai mendekati lokasi tower pemancar tv atau di sekitar jalur pendakian. "Ya mulai mendekati lokasi pemancar, " kata Wildan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Zakaria membetulkan ada kebakaran di lokasi hutan Gunung Cikuray.


Kebakaran hutan tidak cuma menempa lokasi Gunung Cikuray tetapi pernah berlangsung di Gunung Papandayan serta Gunung Guntur, Kabupaten Garut. Momen kebakaran itu berlangsung berkali-kali mulai sejak masuk musim kemarau.

Petugas berwenang belum meyakinkan pemicu paling utama kebakaran hutan di Garut, tetapi sangkaan sesaat disebabkan perbuatan manusian yang buang puntung rokok asal-asalan, dan api dari bekas kesibukan orang yang berkemah. 

Alhamdulillah update data dari rekan-rekan di sekitar lokasi, saat ini kobaran api sudah bisa teratasi (padam), pemadaman dilakukan oleh masyarakat sekitar dan rekan-rekan FK3I Wanakumbara dibawah koordinasi King Muhammad. 

Menurut ketua FK3I cabang Garut Mia Kurniawan (Kang Mus) "Apakah kejadian seperti ini akan terus terulang setiap tahun di musim kemarau? dibutuhkan koordinasi dan kerjasama semua pihak untuk melakukan tindakan pencegahan dan meminimalisir kemungkinan terjadinya kejadian serupa. Jika sudah terjadi seperti ini, adakah pihak terkait punya sedikit nyali untuk mengusut tuntas kebakaran ini???"

"Sangat kecil kemungkinan kebakaran ini terjadi akibat alam (kemarau) tapi semua ini akibat dari kesalahan / kelalaian manusia (masyarakat / petani / pendaki / pemangku kebijakan), perkuat kearifan lokal dan sinergi harus terjalin baik dan tepat" pungkas beliau.

No comments :

Post a Comment