.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

Wednesday, 1 March 2017

Capacity Building di Kampung Sumber Alam Resort with HdG Team

Beberapa waktu yang lalu saat Hotel di Garut Team sedang malaksanakan beberapa Gathering dan Outing di beberapa lokasi lainnya, team fotographer, Game Master dan beberapa fasilitator melaksanakan Capacity Building di Kampung Sumber Alam Resort Cipanas Garut. 

Beberapa perusahaan yang melaksanakan Capacity Building di Garut dipastikan menghubungi HdG Team Trip Planner dan Event Organizer dimanapun tempat mereka menginap di Kabupaten Garut. Memang untuk berbagai perusahaan baik negeri dan swasta diperlukan pelaksanaan Capacity Building.










Apa guna dari Capacity Building?

Pengembangan kapasitas tentu tidak hanya berorientasi pada kemampuan manusia, namun mencakup keseluruhan lingkup organisasi yang terdiri dari sistem penataan organisasi atau sering dikenal dengan sistem manajemen, kebijakan target capaian, strategi pencapaian, dan peraturan organisasi. Lingkup demikian mengisyaratkan adanya tingkat pengembangan kapasitas dari capacity development atau capacity strengthening yang berarti mengembangkan kemampuan yang sudah ada (existing capacity), dan pengembangan kapasitas yang mengedepankan proses kreatif untuk membangun kapasitas yang belum terlihat atau constructing capacity.

Oleh karenanya, capacity building merupakan suatu proses untuk melakukan sesuatu, atau serangkaian kegiatan untuk melakukan perubahan multilevel pada diri individu, kelompok-kelompok, organisasi-organisasi, dan sistem-sistem guna memperkuat kemampuan penyesuaian individu dan organisasi dalam menghadapi perubahan lingkungan yang ada. Untuk itu peningkatan kapasitas dapat dilakukan melalui proses menganalisa lingkungannya, mengidentifikasi masalah-masalah organisasi, mencari kebutuhan-kebutuhan pengembangan diri dan organisasi, isu-isu dan peluang-peluang yang dapat diperankan organisasi, membuat formulasi strategi dalam proses mengatasi masalah-masalah, dan tentunya merancang sebuah rencana aksi agar bisa terkumpul data penataan sistem organisasi secara baik.

Dalam The Capacity Building For Local Government Toward Good Governance mencontohkan bahwa Bank Dunia menekankan perhatian capacity building pada 3 proses. Pertama, pengembangan SDM melalui pelatihan, sistem rekruitmen yang transparan, pemutusan pegawai secara profesional, dan updating pola manajerial dan teknis. Kedua, pengembangan keorganisasian yang mencakup pada aspek menganalisis postur struktur organisasi berdasarkan peran dan fungsi, proses pengembangan SDM, dan gaya manajemen organisasi. Ketiga, pengembangan jaringan kerja (network) yang dilakukan melalui penguatan koordinasi, memperjelas fungsi network, serta interaksi formal dan informal.




























Pengembangan kapasitas demikian menjelaskan adanya tingkatan yang mencakup keseluruhan aspek organisasi berdasarkan analisis kebutuhan organisasi atau dalam lingkup kediklatan biasa dikenal dengan AKD bidang organisasi.

Pertama, tingkat pengembangan sistem organisasi. Pada tingkatan ini, pengembangan dilakukan terhadap kerangka kerja yang berhubungan dengan pengaturan, kebijakan-kebijakan dan kondisi dasar yang mendukung pencapaian obyektivitas kebijakan tertentu. Ketika BPSDM Hukum dan HAM memiliki target capaian menjadi organisasi yang berkualitas dan berintegritas, maka pada tingkatan ini perlu dibangun adanya pengaturan sistem kediklatan yang baik sebagaimana standardisasi manajemen kualitas ISO 9001.

Untuk selanjutnya kami akan menyampaikan beberapa paket wisata premium Garut yang hanya ada dan bisa dipesan melalui CV Hotel di Garut / HdG Team Trip Planner & Event Organizer, seperti Paket Ekslusif Kampung Sumber Alam, Paket Wisata Babakan Siluhur dan lain-lain.
Description: Capacity Building di Kampung Sumber Alam Resort with HdG Team Rating: 5 Reviewer: Wisata Garut ItemReviewed: Capacity Building di Kampung Sumber Alam Resort with HdG Team


Reaksi:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Garut Updated at: Wednesday, March 01, 2017

0 komentar:

Post a Comment