.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}


"Dimanapun tempat anda menginap, kemanapun Destinasi Wisata anda di kota Garut, pastikan HDG Team yang mendampingi liburan anda!"
Untuk Paket Wisata Garut : Itinerary & Detail Info Kami Sampaikan setelah Deal Harga dan ada Deposit!
www.hoteldigarut.net. Powered by Blogger.

Friday, 23 June 2017

Ritus Mandi di Cisinga Singajaya

Sebagai salah satu penyedia Paket Wisata Garut kali ini kami akan menyampaikan salah satu kegiatan di Desa Singajaya tepatnya di tanggal 14 Maulud dimana disana ada ritual mandi besar. Orang-orang (yang percaya) datang ke sungai itu untuk mandi. 

Satu-persatu, mereka dimandikan dan didoakan oleh kuncen. Uniknya mereka mandi dan keramas tidak menggunakan sabun, melainkan menggunakan ramuan yang terbuat dari sisa / hasil bakaran jerami. Konon, dengan melakukan mandi besar di aliran Sungai Cisingapada pada tanggal 14 Mulud, mereka berharap mendapatkan berkah, mendapat kekuatan , ketangguhan serta kejayaan laksana seekor singa yang menguasai dunia rimba. 


Namun sejak sang kuncen terakhir meninggal dunia, ritual ini sudah jarang terlihat lagi. Sang Kuncen tidak mempunyai penerus karena tidak mempunyai anak laki-laki. Banyak sekali keunikan di Garut bagian selatan ini dan mungkin buat beberapa orang mendekati musyrik dikarenakan kebanyakan kegiatan adalah peninggalan nenek moyang. 

Selain Ngalungsur Jimat Batu Wangi, Ritus Mandi Cisinga pasti jarang yang membahas kecuali blog dan website yang paling lengkap dan aktual seperti CV Hotel di Garut ataupun HdG Team yang memberikan info-info baru dan bukan hasil kopi paste seperti blog lainnya yang bukan hasil dari kegiatan real di lapangan.

Terutama sejak lahirnya team kreatif HdG yang baru beranggotakan anak-anak muda yang kreaetif, kredibel, konsisten, pekerja keras serta mempunyai loyalitas yang tinggi sehingga mereka bekerja tanpa kenal lelah untuk menggali semua potensi Pariwisata Garut dan memperkenalkan berbagai Tempat Wisata di Garut terbaru tahun 2017 yang bisa dijadikan destinasi rekreasi. 
Description: Ritus Mandi di Cisinga Singajaya Rating: 5 Reviewer: Wisata Garut ItemReviewed: Ritus Mandi di Cisinga Singajaya


Reaksi:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Garut Updated at: Friday, June 23, 2017

0 komentar:

Post a Comment