.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}


"Dimanapun tempat anda menginap, kemanapun Destinasi Wisata anda di kota Garut, pastikan HDG Team yang mendampingi liburan anda!"
Untuk Paket Wisata Garut : Itinerary & Detail Info Kami Sampaikan setelah Deal Harga dan ada Deposit!
www.hoteldigarut.net. Powered by Blogger.

Saturday, 3 June 2017

Tokoh Asal Garut : Atjoem Kasoem

Segala informasi tentang pariwisata Garut siap kami berikan kepada Anda, dan kami dari CV. Hotel di Garut bersama HdG Team kini telah bekerjasama  dan merangkul para pelaku dan penggiat pariwisata, baik dari komunitas hingga perorangan, yang visi dan misi sama dan yang sadar akan potensi wisata di Kabupaten Garut ini, dengan membuat wadah sebagai Media Informasi Pariwisata Garut. dan akhirnya dengan kata Sepakat kami membuat Pesona Garut, yang sementara berpusat di Jl jendral Sudirman. 

Lokasi Pesona Garut

Kali ini kami dari HdG team akan membahan tentang tokoh-tokoh  Asal Garut yang mengibarkan benderanya di kancah National dan International hingga mengharumkan nama Garut, Awalnya saya berbincang dengan adik saya yang bernama Faisal Subhan yang bekerja di Bandung di sebuah perusahaan yanag bergerak di bidang Optik dan Alat Bantu Dengar yang bernama PT. Kasum, dan setelah lama berbincang ternyata Kasum adalah seorang nama dari Putra daerah asal Garut. dan singkat cerita adik saya pun menjelaskan siapa Bapak Kasum ini, adik Saya terlihat sangat antusias menjawab setiap pertanyaan yang saya lempar tentang Pak Kasum ini, mungkin adik saya seperti mengagumi sosok di balik nama Kasum. dan saya pun mencari buku tentang tokoh-tokoh Garut dan ternyata nama Kasum ini ada di urutan paling pertama. dan Beliau adalah tokoh pengusaha asli Garut dan yang memiliki toko kacamata dan pabriknya pertama di Indonesia

berikut adalah sekilah Biografi tentang Bapak Kasum.


Nama asli Beliau adalah Atjoem Kasoem, anak Ke 4 dari 7 bersaudara, beliau lahir di Kadungora pada tanggal 9 januari 1916, dan Yang paling keren Beliau adalah Pengusaha dan Ahli Optik Pertama di Indonesia, jelas untuk menjadi seperti itu, Beliau pasti berjuang dan berusaha  "satekerkeubeuk" alias sekuat tenaga, terlebih saingan Beliau bukanlah dengan bengsa sendiri akan tetapi beliau bersaing dengan bangsa asing, karena pada masa itu perdaganagan dan perekonomian dikuasai oleh Belanda, China dan Arab.

Setamat sekolah desa, kasum remaja melanjutkan ke Kchakel School dan Taman Dewasa perguruan Taman Siswa, setelah itu beliau mengikuti kursus dagang sambik bekerja sebagai penjaga toko kacamata milik orang Jerman yang bernama Kurt Schlosser yang terletak di Jalan Braga  Bandung. melihat kegigihan dan kesungguhan Kasum muda, maka Kurt Schlosser mendorong Kasum agar lebih giat dan serius untuk Usaha di bidang Optik khususnya Kacamata, karena di zaman modern orang-orang akan sangat membutuhkannya. dan Kasum muda pun di ajarkan pengetahuan tentang Optik  dan cara dagangnya, dan akhirnya sang Kasum muda bisa memiliki Toko sendiri di Jalan pungkur dan ini adalah Toko kacamata pertama bangsa Indonesia.

Putra dari seorang petani ini yang sejak di bangku sekolah sangat aktif dalam pergerakan kebangsaan dan Kasum muda ini aktif dalam sebuah organisasi Indonesia Muda, dan selalu mengikuti ceramah-ceramah Bng Karno (Parfindo) dan Bung Hatta (PNI Pendidikan), maka ketika usahanya maju Beliau banyak memberikan bantuan pada perjuangan kemerdekaan bangsa ini. hingga membuat Beliau berkenalan dengan pemimpin-pemimpin nasional seperti Bung Hatta dan Ki Hajar Dewantara, dan kemudian Beliau membuka toko lagi di Jalan Braga, 

Pada saat agresi Belanda, Pak Kasum aktif di PMI (Palang Merah Indonesia), namun pada saat tragedi Bandung Lautan Api, terpaksa Beliau meninggalkan tokonya itu dan memindahkannya ke Tasikmalaya, atas saran dari Bung Hatta yang pada masa itu telah menjabat wakil Presiden pertama setelah deklarasi kemerdekaan, dan tidak di sangka Usaha Beliau pun semakin maju, dengan kembali membuka toko di Jogyakarta, dan mendirikan Pabrik penggosokan Kacamata di Klaten pada tahun 1946, dan setelah pengakuan kedaulatan pada tahun 1950an Beliau kembali ke Bandung, namun toko miliknya telah di kuasai orang-orang China, dan Beliau menempuh jalur hukum hingga pada Tahun 1952 pengadilan memutuskan bahwa Kasumlah pemilik yang Sah dan Beliau pun memperluas jaringan hingga toko-toko kacamata miliknya ada di berbagai kota di Indonesia.

Tahun 1960 Bapak Kasum berangkat je Jerman untuk mempelajari segala sesuatu tentang Opttik dan menjadi Prakitan di pabrik milik Dr. Herman Gebest, Setelah beberapa tahun belajar dan menguasai Ilmu pengetahuan Kacamata baik teoritis maupun praktis, Beliau kembali pulang ke tanah air dan mendirikan Pabrik Optik Pertama di Indonesia, yang terletak di desa kelahirannya Kadungora pada Tahun 1974, dan menurunkan Ilmunya kepada anak dan cucunya.
Description: Tokoh Asal Garut : Atjoem Kasoem Rating: 5 Reviewer: Wisata Garut ItemReviewed: Tokoh Asal Garut : Atjoem Kasoem


Reaksi:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Garut Updated at: Saturday, June 03, 2017

0 komentar:

Post a Comment