.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

Thursday, 3 August 2017

Kampung Jokowi

Letaknya berada berdampingan dengan Kampung My darling, ini merupakan satu kesatuan 3 kampung di Dayeuh Wisata Garut. Saat kami memarkir kendaraan di depan kampung sudah terasa nuansa nyaman dan sejuk. Kami mengitari gerbang dulu untuk melihat lapangan yang biasa dipakai untuk bumi perkemahan. Terlihat sangat bersih dan terawat, lapangan besar tersebut dipakai anak-anak sekitar untuk bermain.





Kampung Jokowi Garut

Saat memasuki gerbang, terdapat beberapa warung warga dan mereka menyapa kami dengan ramah. Kami mencoba untuk menghubungi salah satu rekan kami yang juga memelopori kampung My darling. Ketika singgah di rumah Mantri Ade Mastur ternyata beliau sedang ada pasien dan turun dulu ke bawah untuk menangani.

Perjalanan kami lanjutkan, di persimpangan menuju Kampung Jokowi ada seorang bapak-bapak yang sedang bercocok tanam. Dengan ramah beliau menyapa kami terlebih dahulu dan mengajak berbincang-bincang. 

Ternyata Kampung Jokowi hanyalah singkatan dan patung yang berada di depan gerbang Kampung Jokowi sebagai penyesuaian. Menurut Bapak tadi ada pendopo di ujung Kampung dan beberapa lukisan 3 dimensi yang bisa kita abadikan dengan berfoto-foto.

Sebetulnya hampir semua rumah di kampung ini tertata dengan rapih dan apik. Ini merupakan swadaya masyarakat dalam meningkatkan Darling (Sadar Lingkungan). 





Sejarah Kampung Jokowi Cilawu Garut

Kondisi demikian memang tidak asing, kebiasannya itu sudah terbangun lama, masyarakat Kampung Jokowi yang mayoritas pegawai pabrik teh memang terbiasa hidup disiplin. Sikap itu ujar dia, sejalan dengan rencana perusahaan untuk melestarikan lingkungan. 

“Intinya kembali ke sosok pak Jokowi, buat warga kami beliau sosok luar biasa, dari rakyat biasa menjadi pemimpin dunia, kami pun berharap dari kampung biasa menjadi kampung objek wisata yang luar biasa,” papar dia. 

Untuk menghormati sosok Presiden Jokowi, warganya ujar dia, dengan sukarela membangun sebuah patung miniatur Presiden Jokowi berwarna putih dengan posisi tegak sempurna.

“Mohon maaf patungnya kurang sempurna sebab buatan swadaya warga, semoga saja pak presiden berkenan mengirim patung yang asli ke sini,” pinta dia dengan tersenyum malu.

Sobar, ketua RT 03 RW 09, Desa Sukatani, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, mengatakan sebanyak 23 kepala keluarga yang mendiami Kampung Jokowi didominasi pendatang. “Mereka kan awalnya pegawai ada yang dari Ciamis, Pangalengan, Tasik,” kata dia.

Sebelum disulap menjadi desa inovatif kampung Jokowi, keadaan lingkungan sekitar terlihat biasa. “Memang kalau asri dan sejuk dari asak, namun yang membedakan sosok patung Jokowi ini, jadi banyak yang datang, akhirnya kami namakan Kampung Jokowi,” kata dia.

Putri, salah satu pengunjung asal kota Garut mengakui, menyebarnya infornasi kampung Jokowi berasal dari mulut ke mulut antar warga yang mengatakan ada kampung asli yang inovatif di perkebunan Dayeuhmanggung. “Jadi ingin datang dan ternyata benar, kampungnya bersih dan warganya cukup kreatif menggunakan barang bekas,” kata dia.

Selain view alam yang indah, keberadaan Kampung Jokowi cukup menarik minat wisata. “Apa benar ada kampung Jokowi, eh benar ternyata ada patungnya, unik saja di daerah,”Tukasnya.

Harga Tiket Masuk Kampung Jokowi

Karena kita sudah membayar tiket masuk Dayeuh Wisata, ke kampung Jokowi tidak ada tambahan bayaran tiket alias Gratis. Mungkin dikarenakan kampung ini bersatu dengan my darling, dan hanya spot untuk jalan-jalan dan lukisan 3 dimensi di ujungnya. 

Rute Perjalanan ke Kampung Jokowi

Jika anda memakai kendaraan bermotor, lokasi Dayeuh Wisata berada di kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Arah menuju ke Tasikmalaya berada di sebelah kanan jalan kalau dari arah Garut. Tidak terlalu sulit dikarenakan tempat ini merupakan Perkebunan PTP VIII Dayeuh Manggung yang sudah sangat terkenal dengan hasil teh hitamnya yang sudah merambah mancanegara.
Description: Kampung Jokowi Rating: 5 Reviewer: Wisata Garut ItemReviewed: Kampung Jokowi


Reaksi:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Garut Updated at: Thursday, August 03, 2017

0 komentar:

Post a Comment