Okupansi Hotel di Garut Menurun Dratis Malam Tahun Baru 2020

Tidak seperti berbagai tempat Wisata di Lembang dan juga Pangandaran yang berjubel dan dikunjungi banyak sekali wisatawan. Hotel di Garut turun okupansinya di malam tahun baru 2020. Isu tsunami yang bakal terjadi di Pantai Garut Selatan menurunkan okupansi kunjungan ke hotel dan kunjungan ke obyek wisata. Bupati Garut Rudi Gunawan mengakui kunjungan wisatawan ke hotel hotel dan obyek wisata pada malam pergantian tahun menurun hingga 70 persen. 

Menurut Bupati Garut, menurunnya okupansi dan kunjungan ke obyek wisata di Garut Selatan itu akibat adanya isu bakal terjadi tsunami. Akan tetapi jika benar penurunan okupansi dikarenakan isu tsunami, mungkin hal yang sama akan terjadi juga dengan Pantai Pangandaran, akan tetapi seperti kita ketahui Pantai Pangandaran tetap ramai dan berjubel serta meningkat kunjungannya di liburan Tahun Baru 2020. Jadi sepertinya diperlukan alasan yang lebih jujur dan logis serta apa adanya untuk mengakui kenapa kunjungan wisata ke Garut menurun cukup dratis di Tahun ini.


“Ya, penurunan jumlah kunjungan dan okupansi hotel menurun drastis sebesar 70% dari tahun sebelumnya,” ucapnya, Selasa (01/01/2019). Menurutnya, wisatawan lokal dan luar daerah pada liburan tahun baru, lebih memilih tempat wisata yang aman yang berada jauh dengan pantai.

“Tempat wisata yang jauh dengan pantai terpantau ramai, berbeda dengan tempat wisata pantai,” tuturnya. Rudy mengaku, banyak pemilik penginapan yang berada tepat di bibir pantai yang merugi termasuk para pedagang yang berjualan di pantai.

“Banyak yang mengeluh rugi pada tahun baru sekarang,” akunya

Dijelaskan Rudy, kondisi gelombang di Selat Sunda saat ini tinggi. Menurut dia, itu berdampak ke pantai yang ada di Garut Selatan.

“Bukan saja para pemilik penginapan, pendapatan retribusi juga ikut menurun,” katanya.

Penurunan kunjungan, kata dia bukan saja terjadi di tempat wisata pantai. Jika dilihat keseluruhan hampir seluruh tempat wisata mengalami penurunan namun persentasenya tidak sebesar penurunan ke tempat wisata pantai. 

Selain di Lembang terdapat beberapa destinasi wisata Baru yang menarik dan dikelola secara profesional sehingga menarik untuk dikunjungi wisatawan. Mungkin ada faktor lain yang membuat para wisatawan lebih memilih Lembang dan Pangandaran sebagai tujuan utama liburan serta menghabiskan malam tahun baru dibanding berwisata ke Garut.

No comments :

Post a comment